UTM Terima Program Magang Mahasiswa Universitas Palacky

  • PDF

 

UTM Terima Program Magang Mahasiswa Universitas Palacky

palaky 

            Kekayaan budaya Indonesia yang menyatu bersama dalam kehidupan masyarakat membuat banyak orang dari berbagai belahan dunia tertarik untuk melihat dan belajar langsung, salah satu ikon budaya nasional yang banyak membuat tertarik para penulis, peneliti dan pecinta budaya dengan keunikannya adalah budaya yang ada pada masyarakat Madura. Diantaranya adalah kerapan sapi, tarian tradional dan lain-lain.

Keberadaan Univeritas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kebanggaan masyarakat madura yang kini terus fokus pada mengembangkan potensi lokal Madura diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) pada skala lokal Madura dan skala nasional.

UTM yang perlahan melangkah mensejajarkan diri dengan kampus-kampus besar yang lain, terus mengikat pihak-pihak yang telah menjalin kerjasama baik, antaranya adalah dengan salah satu Univeritas terkemuka di Republik Ceko, yakni Universitas Palacky (UP) Olomouch. Pada tahun 2016 yang lalu, UTM menerima kunjungan mahasiswa UP sekitar 12 mahasiswa, kini datang kedua kalinya mahasiswa asing ke UTM tersebut bertambah menjadi 16 mahasiswa yang terdiri dari 14 mahasiswi dan 2 mahasiswa.

            Rektor Universitas Trunojoyo Madura Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si, yang didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., M.S, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan H. Boedi Mustiko, S.H.,M. Hum, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Sulaiman, S. Pd.,M.Pd, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Slamet Subari, MS dan Kepala Biro Administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan Supriyanto, SE menyambut gembira kedatangan para mahasiswa asing dari Eropa tengah yang akan melakukan Magang Lintas Budaya tersebut.

Selain melaksankan program magang, kedatangan 16 mahasiswa UP yang didampingi langsung oleh Kepala Lembaga Pendidikan dan Studi Sosial University Palacky Olomouch Prof. Stefan Chubi, Ph.D bersama Jitka Pliscke, Ph.D tersebut juga ingin belajar kebudayaan Indonesia dan bertukar budaya. Pembukaan acara Internship Program tersebut berlangsung meriah pada 04/09/2017.

            Membuka acara yang bertempat di Graha Utama lantai 10 bertajuk “Program Magang Lintas Budaya atau biasa disebut dengan Cross-Culture Internship Program” tersebut Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si, mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang kepada Prof. Stefan Chubi, Ph.D dan para mahasiswanya yang telah berkenan menjadikan UTM sebagai tempat untuk magang dan belajar.

            “Sebagai pimpinan, kami merasa sangat senang kedatangan Prof. Stefan Chubi, Ph.D dan Jitka Pliscke, Ph.D mengantarkan mahasiswanya ke kampus ini untuk magang dan belajar, harapan kami para mahasiswa senang dan bisa belajar dengan baik disini, sebab kami punya keunikan-keunikan yang mungkin tidak ada ditempat atau Negara lain seperti Republik Ceko”. Ujarnya menggunakan bahas inggris.

IMG 0541

            Sementara itu, pendamping mahasiswa UP Prof. Stefan Chubi, Ph.D yang ditemani Jitka Pliscke, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor dan Pimpinan dilingkungan UTM yang telah menerima dengan sangat baik kedatangan kedua kalinya tersebut.

         Acara pembukaan Internship Program tersebut kemudian ditutup dengan penyerahan cendera mata dari UP oleh Prof. Stefan Chubi, Ph.D kepada Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si, yang disusul dengan penyerahan cendera mata dari UTM oleh Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si, kepada UP Prof. Stefan Chubi, Ph.D, untuk mengabadikan kegiatan tersebut dilangsungkan foto bersama.

 


 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id