UKM Gerakan Pramuka

  • PDF

pramuka

Dasar Pemikiran :

  1.  Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.
  2.  Keppres Nomor. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
  3.  Keppres Nomor. 104 Tahun 2004 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
  4.  Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 104 Tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
  5.  Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 Tahun 1987 tentang Petunjuk Pelaksanaan dan Pengembangan Pramuka di Perguruan Tinggi.
  6.  Keputusan bersama Ditjen Dikti dengan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 047/BJ/Kep/1980/021 / KN / 1981. Tentang usaha pembinaan dan Pengembangan Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi.
  7.  Usulan para peminat yang ditampung dalam pertemuan pada tanggal 6 Oktober 2009.

Awal berdirinya Pramuka di UTM :

Pramuka UTM mulai dirintis sejak hari Selasa, 20 Oktober 2009, dengan anggota pada saat itu sebanyak 30 orang dari mahasiswa berbagai jurusan di UTM.

Kegiatan yang pernah dilakukan oleh anggota Pramuka :

  • Tanggal 22 Mei 2010 mengadakan kunjungan ke Pramuka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tujuan untuk mengetahui struktur, kegiatan seluk beluk Pramuka di Perguruan Tinggi.
  • Tanggal 5-6 Juni 2010 mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu di halaman kantor Kwartir Cabang Bangkalan. Tujuan untuk menyampaikan hasil dari kunjungan ke ITS, menyusun kelengkapan struktur dan administrasi Pramuka UTM
  • Tanggal 27-28 Nopember 2010 mengadakan Diklat Anggota baru gelombang I di Lapangan Kampus UTM.
  • Tanggal 25-26 Desember 2010 mengadakan Diklat anggota baru Gelombang II di halaman kantor Kwartir Cabang Bangkalan
  • Februari 2011 bergabung dengan Saka Wirakartika di bawah naungan Kodim 0829 Bangkalan
  • Latihan rutin diadakan setiap satu minggu sekali di Kampus padas sore hari selama hari aktif kuliah. Saat ini latihan rutin dilaksanakan pada hari Selasa pukul 16.00 di halaman GSC.

Langkah yang telah ditempuh untuk merintis Pramuka sebagai UKM di UTM :

  • Mengajukan Proposal pengajuan UKM kepada Kabinet mahasiswa, pada Juni tahun 2010 yang pada saat itu Presiden Mahasiswa dijabat oleh Kamarullah.
  • Menghadap Rektor dan PR III dengan diantar oleh Pembina pertama Pramuka, Bapak Amin Zuchri. Tahun 2010.
  • Membentuk Gugus Depan yang berpangkalan di Universitas Trunojoyo Madura dan telah disahkan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangkalan dengan Surat Keputusan nomor 002 Tahun 2010 tentang Pengesahan Nomor Gugus Depan Gerakan Pramuka dan sejak saat itu pada tanggal 20 September 2010, Universitas Trunojoyo Madura resmi memegang nomor Gudep 02.67-02.68.
  • Karena Bapak Amin Zuchri melanjutkan studi S3 di Malang, maka Pembina Pramuka saat ini dipegang oleh Bapak Taufik Rizal dan Ibu Catur dari Fakultas Pertanian
  • Terus mengadakan kegiatan dan menunggu keputusan dari proposal yang telah diajukan kepada Kabinet dan DPM.

Namun alhamdulillah, perjuangan kakak-kakak anggota terbayar ketika pada tanggal 12 bulan juli tahun 201. Pada saat itu Gerakan Pramuka disahkan untuk menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Madura yang sah. Setelah sebelumnya melalui proses uji materiil dan uji kelayakan. Dan pada tanggal 22 juli 2011 diadakan pelantikan ketua umum UKM-GP, dengan ketua umum Pandhita Taruna Nagara. Dan dengan dilaksanakannya proses-proses tersebut maka UKM-GP sudah legal atau sah untuk mengadakan kegiatan-kegiatan di kawasan wiyata mandala UTM.

Selayang Pandang :

Kepramukaan pada dasarnya adalah suatu gerakan kepanduan yang secara tidak langsung menjadi bagian dalam sistem kependidikan di Indonesia. Dengan metode – metode pengajaran unik tetapi bermanfaat Gerakan Pramuka mendidik pemuda untuk menjadi manusia dan warga negara Republik Indonesia yang berkepribadian dan berwatak luhur, cerdas, cakap, tangkas, terampil dan rajin, yang sehat jasmani maupun rohani, ber-Pancasila dan setia patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang seiring dengan perkembangan Bangsa dan Masyarakat Indonesia.

Saat ini banyak organisasi kepemudaan yang berkembang di Indonesia. Gerakan Pramuka adalah salah satu wadah pembinaan kaum muda untuk mencetak kader yang berwatak dan berjiwa patriot. Dengan kerangka pikir diatas dengan ini kami bermaksud mengajukan permohonan pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berlandaskan Kepanduan di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura Madura, yang diharapkan dapat merealisasikan amanat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan membentuk mahasiswa yang sesuai dengan tujuan dari Kepramukaan itu sendiri.

Visi :

"Gerakan Pramuka sebagai wadah utama Mahasiswa dalam pengembangan individu yang progresif, kompetitif, kreatif dan peduli terhadap lingkungan dengan berlandaskan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka"

Misi:

Misi secara umum yaitu “Meningkatkan kualitas aggota UKM Gerakan Pramuka Universitas Trunojoyo Madura Madura yang berjiwa dan berwatak Pramuka, berlandaskan Iman dan Taqwa (IMTAQ) kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta selalu mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sosial (IPTEKS).”

Sedangkan misi secara khusus adalah:

  1. Mengembangkan individu yang progresif dan kompetitif sesuai dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.
  2. Membentuk dan membina kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa Bela Negara.
  3. Menggerakkan seluruh anggota UKM Gerakan Pramuka Universitas Trunojoyo Madura Madura dan Organisasi Gerakan Pramuka agar peduli serta tanggap terhadap masalah – masalah kemasyarakatan dan lingkungan.
  4. Mencetak Sarjana yang mamp menempatkan diri dalam masyarakat dan lingkungannya sesuai dengan peran dan fungsinya.

Share this post

Online Support

 

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan