Sarana dan Prasarana

  • PDF

 A.       SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN

     1. Akomodasi Mahasiswa

Jumlah mahasiswa baru Tahun Akademik 2012/2013 sebanyak 2470 orang yang membutuhkan akomodasi tempat tinggal di sekitar kampus, sementara kampus UTM saat ini masih dalam proses pembangunan asrama mahasiswa. Permintaan akan sarana tempat tinggal mahasiswa mendapat respon masyarakat di sekitar kampus dengan membangun rumah tempat tinggal pribadi dan sekaligus menyediakan pemondokan bagi mahasiswa. Pada umumnya mahasiswa yang berasal dari luar Bangkalan bertempat tinggal di perumahan Telang Indah Persada yang lokasinya di sekitar kampus, Perumnas Kamal (3 kilometer dari kampus), Perumahan Kamal Permai (1 kilometer dari kampus).

Kantor kegiatan Organisasi Kemahasiswaan (KM Universitas, Menwa dan UKM Universitas) dipusatkan di Kantor Sekretariat Bersama, sedangkan BEM dan UKM Fakultas juga di kantor Kesekretariatan UKMF Bersama. Penyediaan sarana dimaksudkan agar mahasiswa lebih optimal dalam mengaktualisasikan kreativitas yang dimiliki.

     2. Transportasi

Universitas Trunojoyo Madura telah memiliki tiga unit bus kampus, satu unit bantuan dari PT Bogasari dan dua unit lainnya bantuan dari Ditjen Perhubungan Darat. Secara terjadwal bus tersebut beroperasi dari kampus-Kamal-Bangkalan dengan biaya yang terjangkau oleh mahasiswa. Diharapkan tersedianya alat transportasi ini dapat dimanfaatkan oleh warga kampus khususnya yang bertempat tinggal di luar kampus.

3. Fasilitas Akademik

Berbagai fasilitas yang terdapat di dalam kampus Universitas Trunojoyo Madura meliputi:

      a. Ruang Kuliah

Ruang kuliah yang dimiliki Universitas Trunojoyo Madura sebanyak 31 ruang kuliah yang tersebar di masing-masing fakultas. Penggunaan ruang kuliah untuk proses belajar mengajar dikoordinasikan secara terpusat dengan tujuan efisiensi penggunaan ruang yang jumlahnya terbatas. Dengan terbatasnya ruang kuliah masing-masing fakultas maka, universitas membangun gedung untuk Ruang Kuliah Bersama / RKB. Saat ini Universitas Trunojoyo Madura telah memilki 6 gedung RKB.

b. Perpustakaan

Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura saat ini dilengkapi dengan 25.000 judul buku yang terdiri dari buku-buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal, serta buku-buku ilmu pengetahuan lainnya. Gedung perpustakaan terletak di tengah-tengah kampus dengan bangunan berlantai dua yang megah.

                    c. Laboratorium Komputer

Laboratorium atau pusat komputer yang terletak di tengah Kampus Universitas Trunojoyo mengelola dan mengembangkan mata kuliah komputer di lingkungan Universitas, kursus-kursus dan pelatihan dengan sarana yang cukup memadai.

       d. Laboratorium Bahasa

Bahasa merupakan kunci dalam mempelajari ilmu pengetahuan sehingga diperlukan penguasaan bahasa Inggris yang memadai. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Labortorium Bahasa antara lain penyelenggaraan praktikum untuk mata kuliah Bahasa Inggris dan pelaksanaan kursus Bahasa Inggris untuk mahasiswa dan dosen. Laboratorium Bahasa pada saat ini telah dilengkapii dengan Self Accesss Centre sehingga mahasiswa dan dosen mempuyai peluang yang lebih banyak dan leluasa mengatur waktu serta materi pembelajaran bahasa Inggris mereka.

       e. Laboratorium Dasar

      1.   Laboratorium Kimia

      Laboratorium kimia mendukung aktifitas perkuliahan kimia anorganik, kimia organik dan biokimia, yang dilengkapi dengan alat-alat : alat destiliasi, alat filtrasi, desikator dan alat pengujian kimiawi lain.

      2.   Laboratorium Fisika

                              Laboratorium fisika mendukung aktifitas perkuliahan yang berkaitan dengan materi fisika. Yang dilengkapi dengan alat-alat : pengujian optis, fisik, mekanis maupun elektronik. Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan praktikum mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian.

      3.   Laboratorium Biologi

Laboratorium ini mendukung aktifitas perkuliahan mata kuliah biologi umum, botani dan mikrobiologi.


f. Laboratorium yang terdapat di Fakultas Hukum adalah Laboratorium Hukum dan Pusat Dokumentasi Ilmu Hukum (Lab Hukum&PDIH).

Lab Hukum&PDIH memiliki dua fungsi utama. Fungsi pertama adalah menyediakan koleksi khusus buku-buku penunjang Ilmu Hukum, ruang baca serta komputer yang digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan dan mengakses internet. Fungsi kedua adalah memfasilitasi mata kuliah Praktek. Mata kuliah yang dikelola langsung oleh Lab Hukum&PDIH adalah Magang. Selain itu, Lab Hukum&PDIH juga menyediakan sarana ruang peradilan semu (moot court) bagi mahasiswa yang memprogram mata kuliah praktek peradilan baik Praktek Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN), Peradilan Perdata maupun Peradilan Pidana. Selain itu, Lab Hukum&PDIH juga memfasilitasi praktek kemahiran hukum lainnya serta menyelenggarakan Praktek Kerja Lapangan.

 g. Laboratorium padaEkonomi

Laboratorium ini digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di 3 (tiga) program studi yaitu prodi Manajemen, Akutansi dan Ekonomi Pembangunan. Adapun laboratorium yang tersedia adalah sebagai berikut:

1.   Laboratorium Pasar Modal

       Laboratorium ini digunakan sebagai sarana pembelajaran praktik dan simulasi investasi di pasar modal.

2.   Laboratorium Audit

       Laboratorium ini digunakan untuk praktek audit atas laporan keuangan sektor privat serta bentuk-bentuk opini yang dikeluarkan.

3.   Laboratorium perpajakan

Laboratorium ini digunakan untuk praktek tata cara perhitungan dan penyusunan laporan perpajakan sektor bisnis dan perorangan.

4.   Laboratorium Perbankan

Laboratorium ini digunakan untuk pelatihan dan praktek untuk aktifitas dan transaksi perbankan secara simulasi maupun riil.


 h.Laboratorium pada Fakultas Pertanian meliputi:

1.   Laboratorium Agronomi

      a. Laboratorium Klimatologi

            Laboratorium ini digunakan untuk sarana praktek pembelajaran/ pemahanan/pengamatan faktor iklim yang merupakan dasar penentuan/klasifikasi potensi produksi pertanian di suatu wilayah.

      b. Laboratorium Fisiologi

             Laboratorium ini digunakan untuk sarana praktek pembelajaran mahasiswa dalam memahami mekanisme proses fisiologi tanaman.

      c. Laboratorium Tanah

             Laboratorium ini menangani analisis unsur hara tanah dan analisis logam. Laboratorium ini merupakan tempat riset mahasiswa dan dosen yang berkaitan dengan unsur hara dalam tanah untuk meningkatkan daya dukung lingkungan.

2.   Laboratorium Agribisnis

Laboratorium agribisnis merupakan laboratorium pengajaran yang berfungsi menunjang kelancaran aktivitas pembelajaran dengan memberikan layanan kepada matakuliah yang mempunyai beban sks praktikum seperti statistika sosial, manajemen produksi agribisnis, peramalan bisnis dan ekonomi, ekonometrika dan sebagainya. Selain itu, laboratorium agribisnis diperuntukkan bagi program pemberian layanan kepada masyarakat berupa konsultasi dan pelatihan.

3.   Laboratorium Teknologi Industri Pertanian

Laboratorium ini digunakan untuk mengenalkan mahasiswa pada teknologi proses pengolahan hasil pertanian maupun hasil-hasil hayati lainnya, mampu melakukan analisis proses pengolahan, mampu melakukan rekayasa proses, mampu mengendalikan kualitas bahan baku, proses dan produk.

4.   Laboratorium Ilmu Kelautan

Laboratorium ini digunakan untuk mengenalkan mahasiswa pada dunia kelautan dan perikanan serta membantu memecahkan permasalahan bidang kelautan: pengujian kualitas perairan dan laut.

5.   Kebun Percobaan

Kebun Percobaan yang dimiliki oleh Universitas Trunojoyo Madura seluas 15 hektar, berada di bagian selatan kampus. Kebun Percobaan terbagi menjadi dua bagian yaitu kebun produksi dan kebun penelitian. Hingga saat ini, kebun produksi telah ditanami berbagai jenis komoditi pertanian (hortikultura) meliputi mangga, pisang, salak, pohon jati emas dan super serta jenis tanaman tahunan lainnya. Sedangkan kebun penelitian digunakan oleh mahasiswa dan dosen (khususnya pertanian) sebagai lahan penelitian terhadap berbagai komoditas pangan dan obat-obatan


i. Laboratorium pada Fakultas Teknik meliputi:


1.Laboratorium Komputasi dan Sistem Cerdas

Laboratorium ini digunakan untuk mendukung aktifitas perkuliahan yang berhubungan dengan sistem komputasi dan sistem cerdas. Antara lain di bidang pemrosesan gambar(citra) dan bidang Aritificial Intelegent. Sehingga mahasiswa akan lebih mudah dan efisien dalam melakukan berbagai penelitian maupun aktivitas lain yang berhubungan langsung dengan laboratorium ini.


2.Laboratorium Digital Multimedia

Laboratorium ini digunakan untuk mendukung aktifitas perkuliahan yang berhubungan dengan analisa dan perancangan rangkaian digital dan aplikasi multimedia. Mahasiswa dikenalkan pada perancangan dan implementasi suatu rangkaian digital dan aplikasi multimedia dasar yang diaplikasikan untuk menyelesaian masalah tertentu.


3.Laboratorium Sistem Terdistribusi

Laboratorium ini digunakan untuk mendukung aktifitas perkuliahan yang berhubungan dengan sistem terdistribusi. Mahasiswa dapat mengembangkan bidang minat sistem terdistribusi antara lain cloud computing, information retrieval, dan jaringan computer. Penelitian yang berhubungan langsung dapat menghubungi koordinator bidang ini.


4.Laboratorium Sistem Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak

Laboratorium ini digunakan untuk mendukung aktifitas perkuliahan yang berhubungan dengan sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak(RPL). Diharapkan dengan fasilitas laboratorium ini mahasiswa dapat mengerjakan project-project sistem informasi dan RPL. Fasilitas tersedia lengkap hardware dan software demi mendukung penuh penelitian di bidang ini.


5.Laboratorium Common Computing

Laboratorium ini digunakan sebagai sarana/tempat praktikum beberapa mata kuliah dan workshop yang berhubungan dengan computer dan internet. Mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk mengembangkan minat akademik dan softskillnya.


6.Laboratorium Aplikasi Teknologi dan Informasi

Laboratorium ini digunakan sebagai sarana/tempat praktikum beberapa mata kuliah dan workshop yang berhubungan dengan aplikasi komputer. Pelatihan Oracle dan Cisco dilakasanakan setiap semester dengan full materi yang disampaikan oleh mentor professional.


7.Laboratorium Bisnis Intelijen Sistem

Laboratorium ini digunakan sebagai sarana pengembangan bakat dan praktikum dari beberapa matakuliah yang diajarkan. Sehingga mahasiswa mampu dan faham akan teori dan praktik.


8.Laboratorium Teknologi Informasi

Laboratorium ini dimanfaatkan mahasiswa dalam pengembangan teknologi dan informasi. Sehingga teknologi terbaru dan informasi dapat diperoleh secara mudah dan update.


9.Laboratorium Manajemen Industri

Laboratorium ini mendukung aktifitas perkuliahan yang berkaitan dengan statistik dan Pengendalian kualitas, perancangan Percobaan, disain dan riset pasar, disain dan analisa organisasi.


10.Laboratorium Sistem Manufaktur

Laboratorium ini digunakan untuk mendukung mata kuliah yang berhubungan dengan sistem manufaktur. Mahasiswa dapat mengenal bahan-bahan teknik, cara menggambar teknik secara teknis pada lantai produksi.


11.Laboratorium Simulasi dan Komputasi

Laboratorium digunakan untuk mendukung pemrograman computer, simulasi sistem industri, perancangan sistem basis data, perancangan sistem informasi, menggambar teknik menggunakan autoCAD.


12.Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja

Laboratorium ini digunakan sebagai sarana pendukung praktikum ergonomi, perancangan sistem kerja yang menitik beratkan pada factor ergonomis perancangan fasilitas.


13.Laboratorium Rekayasa Kualitas

Laboratorium ini digunakan mendukung aktifitas kuliah dan praktikum yang berhubungan rekayasa industri dan mutu/kualitas produksi.


14.Laboratorium Otomasi Industri

Laboratorium ini digunakan sebagai sarana/pendukung mata kuliah otomasi sistem industri dan mensimulasikan secara langsung sebuah proses produksi yang telah di atur secara otomatis oleh program komputer.


15.Laboratorium Mekatronika

Laboratorium ini digunakan sebagai sarana penunjang mahasiswa dalam belajar dan praktik mengenai teknologi mekanika dan teknologi elektronika.


16.Laboratorium Dasar Komputer

Laboratorium ini dimanfaatkan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan bidang keilmuan dasar komputerisasi. Teknologi terbaru diperkenalkan sebaga dasar ilmu pengetahuan.


17.Laboratorium Network Computing

Laboratorium ini digunakan sebagai tempat mencari informasi dan pengembangan pengetahuan untuk menunjang akademik dan keahlian softskill mahasiswa.


18.Laboratorium Dasar Elektro

Laboratorium ini dipergunakan sebagai sarana pengembangan pengetahuan baik berupa teori maupun di bidang elektronika. Fasilitas/peralatan lengkap disajikan demi suksesnya semua penelitian dari mahasiswa ataupun dosen.


19.Laboratorium Energi Terbarukan

Laboratorium ini dipergunakan sebagai sarana pengembangan teknologi energi terbarukan, energi yang dapat di olah lagi sehingga manfaat tidak dipergunakan hanya sekali pakai.

      1. Laboratorium Pemrograman

Laboratorium ini digunakan untuk mendukung aktifitas perkuliahan yang berhubungan dengan bahasa pemrograman, baik dalam aplikasi umum maupun khusus. Untuk itu pada semua komputer diinstall berbagai bahasa pemrograman baik dalam DOS maupun dalam windows environment, bahasa konvensional maupun visual, dan bahasa terstruktur maupun object.

     2. Laboratorium Digital

Laboratorium ini digunakan untuk mendukung aktifitas perkuliahan yang berhubungan dengan analisa dan perancangan rangkaian digital. Mahasiswa dikenalkan pada perancangan dan implementasi suatu rangkaian digital dasar yang diaplikasikan untuk menyelesaian masalah tertentu.

                       3. Laboratorium Sistem Produksi

Laboratorium ini mendukung aktifitas perkuliahan yang berkaitan dengan proses produksi, seperti produksi I dan II, Menggambar teknik, tata letakpabrik, pengendalian persediaan, perencanaan dan pengendalian produksi, penjadwalan, metrologi industri dan sistem manufaktur. praktikum yang diselenggarakan laboratorium ini ada dua, yaitu praktikum proses produksi dan sistem produksi.

B . SARANA PENDUKUNG PENDIDIKAN

      1.  Gedung Serba Guna (Auditorium)

Terletak dilantai dua kantor pusat, digunakan untuk kegiatan pertemuan ilmiah dengan kapasitas 200 orang. Gedung ini dilengkapi meja sidang, kursi sidang, kursi tamu, kursi undangan, sound system, LCD, dan perlengkapann lainnya.

      2.  Gedung Student Centre

           Merupakan bantuan pemerintah Propinsi Jawa Timur yang digunakan sebagai pusat kegiatan mahasiswa dengan kapasitas 400 orang. Gedung ini selain untuk kegiatan ilmiah, dapat juga dipergunakan untuk lapangan bulu tangkis, tenis meja.

3.   Warnet

Menyedikan   layanan   jasa   pencarian   informasi   penunjang penyelesaian tugas-tugas akademik sivitas akademika.

4.1. SARANA UMUM

     1. Lapangan Olah raga

          Lapangan olah raga berada tepat dibelakang kantor pusat terdiri dari lapangan sepak bola dan lapangan bola basket yang digunakan sebagai sarana pendukung kegiatan olahraga mahasiswa.

      2.   Kantin

Keberadaan katin sangat bermanfaat bagi sivitas akademika dalam memenuhi kebutuhan pangan diselang waktu mengikuti perkulihan.

     3. Guest House

Melayani penginapan bagi para tamu sivitas akademika.

      4.  Masjid

          Masjid kampus berada di bagian timur Kampus Universitas Trunojoyo Madura, yang menampung sekitar 2.000 jemaah. Keberadaan masjid ini diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sivitas akademika kepada ALLAH SWT.

     5.   Bank Jatim

Melayani pembayaaran biaya pendidikan mahasiswa dan kegiatan simpan pinjam sivitas akademika.

     6.   Bank Tabungan Negara ( BTN )

Melayani pembayaaran biaya pendidikan mahasiswa dan kegiatan simpan pinjam sivitas akademika.

     7.   Bank Mini Syariah Fakultas Ekonomi

Melayani pembayaaran biaya pendidikan mahasiswa dan kegiatan simpan pinjam sivitas akademika.

     8.   Koperasi Mahasiswa

Menyediakan kebutuhhan alat tulis kantor, alat tulis perkuliahan, serta kebutuhan sehari-hari sivitas akademika  

    9. Tempat Parkir

Menyediakan lahan parkir yang mampu menampung semua kendaran bermotor sivitas akademika dan terbagi menjadi dua zona yaitu, sisi barat dan sisi timur kampus.

 

Share this post

Online Support

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan