LPPM

  • PDF

Selayang Pandang

rektorat


 

Universitas Trunojoyo Madura ( UTM ) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri ke-7 di Jawa Timur yang berlokasi di Kabupaten Bangkalan Madura. UTM diresmikan oleh Presiden Abdurrachman Wahid pada tanggal 23 Juli 2001 dan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor : 85 Tahun 2001, tertanggal 5 juli 2001. UTM bertekad untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan Pengajaran, Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat yang berkualitas, mampu memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa dan masyarakat.

Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Trunojoyo Madura merupakan rencana strategis bagi pengembangan penelitian yang mendukung visi institusi khususnya, dan sinergis dengan strategi utama Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yaitu; pengembangan potensi ekonomi melalui koridor ekonomi, penguatan konektivitas nasional dan penguatan kemampuan SDM dan Ipteks Nasional. Orientasi utama dari RIP UTM ini adalah mampu menjembatani pengembangan potensi lokal Pulau Madura melalui luaran penelitian yang aplikatif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Madura maupun Nasional.

 

 

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas pokok

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Trunojoyo Mempunyai tugas pokok melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumberdaya yang diperlukan.

Fungsi

Dalam penyelenggaraan tugas pokok tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Trunojoyo mempunyai fungsi  :

  1. Melaksanakan penelitian ilmiah murni
  2. Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian untuk menunjang pembangunan
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pendidikan dan pengembangan institusi
  4. Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian, serta penelitian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan/atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan/atau badan lain baik di dalam maupun dengan luar negeri.
  5. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menciptakan inovasi dan pengembangan IPTEK serta penyelesaian berbagai masalah akademik maupun masyarakat.
  6. Melaksanakan kegiatan dalam bentuk pendidikan kepada masyarakat, pelayanan kepada masyarakat, pengembangan wilayah, kaji tindak (action research), dan  Kuliah Kerja Nyata (KKN).
  7. Melaksanakan urusan tata usaha lembaga.

Visi dan Misi

Visi

 

Dalam RENSTRA UTM Tahun 2011-2014 telah ditetapkan bahwa Visi dari UTM adalah "Mewujudkan UTM Sebagai Pencetak Kadar Bangsa Yang Cerdas, Terampil dan Berdaya Saing yang Akhlaqul Karimah".

 

Pengertian dari pada Visi tersebut sebagai berikut:

  • Cerdas: Kemampuan olah pikir untuk memperoleh IPTEK yang  kritis, kreatif, inovatif  dan imajinatif.
  • Spiritual: Kemampuan hati/qalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) dan akhlak mulia serta mempunyai budi pekerti yang luhur.
  • Emosional dan Sosial: Kemampuan olah rasa untuk meningkatkan kepekaan, kehalusan, keindahan dan budaya serta beraktualisasi dalam membina hubungan demokrasi,hak asasi, percaya diri, dan kebhinnekaan berwawasan.
  • Kinestesis: Kemampuan olah raga aktualisasi melalui olahraga untuk mewujudkan insan yang sehat, bugar, sigap, terampil, trengginas dan berdaya tahan.
  • Berdaya Saing: Berkepribadian unggul, semangat juang tinggi, mandiri, pantang menyerah, inovatif, kreatif, ulet, produktif, sadar, bermutu dan berorientasi global.
  • Akhlakul Karimah: Pembudayaan pembentukan akhlak mulia, budi pekerti, watak, kepribadian atau karakter unggul dengan memegang teguh norma agama dan kemanusiaan dan kebangsaan

 

 

Misi

Misi yang merupakan turunan dari visi yang harus diemban oleh UTM sebagaimana tercantum dalam RENSTRA UTM Tahun 2011-2014, adalah sebagai berikut:

  1. Penyelenggaraan layanan pendidikan yang berkualitas, relevan dan kompeten untuk penguatan IPTEK dan IMTAQ serta daya saing.
  2. Peningkatan ketersediaan jenis program pendidikan sesuai kebutuhan untuk mendukung Pembangunan Madura.
  3. Peningkatan profesionalitas dan kemandirian mahasiswa melalui pengemban penalaran, bakat minat, soft skill, manajerial dan kewirausahaan.
  4. Melaksanakan layanan pendidikan menuju akhlaqul karimah melalui penguatan intensitas dan kualitas pendidikan keagamaan, kepribadian budi pekerti dan kebangsaan.
  5. Penerapan teknologi informasi yang terintegrasi dalam meningkatkan efektifitas dan produktifitas layanan pendidikan.
  6. Penyempurnaan sistem restrukturisasi tata kelola organisasi sesuai tupoksi dan pengawasan internal menuju good universitiy governance.
  7. Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung peningkatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses pembelajaran dan publikasi ilmiah.
  8. Perluasan jaringan kerjasama dengan instansi pemerintahan, swasta, industri, pondok pesantren, alumni dan lembaga pendidikan di dalam dan di luar negeri dan income generating untuk mendukung world class university dan peningkatan kesejahteraan dosen dan karyawan.

Share this post

Online Support

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan