UKM PSHT

  • PDF


PSHT

Sejarah singkat:

psht_1Sejarah pendirian UKM PSHT di Universitas Trunojoyo Madura Madura dimulai sudah cukup lama, saat Universitas Trunojoyo Madura Madura masih bernama Universitas Bangkalan. Sejak Universitas Bangkalan berubah menjadi suatu perguruan tinggi negeri ke-7 di Jawa Timur serta berubah nama menjadi Universitas Trunojoyo Madura Madura, latihan PSHT sempat vakum beberapa tahun. Pada tahun 2004, latihan PSHT di Universitas Trunojoyo Madura Madura diaktifkan kembali dan usaha untuk membentuk UKM PSHT komisariat Trunojoyo dilanjutkan kembali. Namun demikian, usaha pendirian UKM PSHT masih belum berhasil karena berbagai alasan.

Pada awal tahun 2010, dengan persiapan yang lebih baik dan dukungan dari berbagai pihak, upaya pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PSHT di Universitas Trunojoyo Madura Madura mulai menemui titik terang, hingga akhirnya pada hari rabu tanggal 28 Juli 2010, secara resmi disahkan dengan nama UKM Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Komisariat Universitas Trunojoyo Madura Madura.

Dengan semangat persaudaraan yang kuat, manajemen organisasi yang profesional, dan latihan yang intensif, UKM PSHT Universitas Trunojoyo Madura Madura bertekat menjadi UKM yang berperan aktif mendukung tercapainya visi Universitas Trunojoyo Madura Madura dalam mencetak lulusan yang berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, serta  mengharumkan nama Universitas Trunojoyo Madura Madura melalui prestasi di berbagai kejuaraan pencak silat.

Azas:

Berlandaskan pancasila yang merupakan dasar Negara Indonesia.

Tujuan Dan Sifat:

Ikut mendidik manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bersifat Persaudaraan yang kekal abadi, keolahragaan, kesenian, kekeluargaan, kebersamaan dan tidak membedakan latar belakang kehidupan serta membentuk jasmani maupun rohani yang tangguh.

Dasar Ajaran:

  1. Persaudaraan
  2. Olahraga
  3. Beladiri
  4. Kesenian
  5. Kerohanian

Keangotaan:

Anggota terdiri dari: pelatih (warga) dan calon warga (siswa polos, sabuk jambon, sabuk hijau, dan sabuk putih)

Kegiatan UKM PSHT:

Bergerak pada kegiatan seni beladiri pencak silat dalam bidang jasmani, rohani, atlit pertandingan dan seni IPSI maupun tradisional.

  1. Bidang Jasmani:
    1. Senam dasar 1 sampai 90
    2. Jurus dasar 1 sampai 36
    3. Pasangan
    4. Sambung
    5. Pelajaran tambahan ke-1
      •  Permainan kripen
      •  Permainan belati
      •  Permainan toya
    6. Pelajaran tambahan ke-2
      •  Peregangan
      •  Ausdower
  2. Bidang Rohani
    1. Persaudaraan
    2. Tata karma
    3. Watak SHTerate
    4. Perilaku sehari-hari
  3. Atlit Pertandingan:
    1. Latihan dasar
    2. Teknikan serangan, tangkisan, dan hindaran
    3. Praktek sambung atlit
  4. Seni IPSI dan Tradisional
    1. Seni jurus tunggal
    2. Seni ganda
    3. Seni beregu
    4. Seni permainan senjata
  5. Falsafah

    Manusia dapat dihancurkan, manusia dapat dimatikan, tetapi manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu Setia pada hatinya atau masih ber-SH pada dirinya.

  6. Semboyan

    Selama matahari masih bersinar, selama bumi masih dihuni oleh manusia, selama itu pula SHTerate tetap jaya, kekal abadi untuk selama-lamanya.

  7. Kata-kata mutiara
    1. "Aja sok rumongso biso nanging sing biso rumongso"

      Artinya: keangkara murkaan di dunia dapat dihancurkan dengan cinta kasih

    2. "Melik anggendhong lali"

      Artinya: keinginan memiliki berlebihan menjadikan orang lupa diri, lupa terhadap Tuhan, sombong, iri, dan dengki.

    3. "gunduh uwohing pakarti"

      Artinya: Setiap perbuatan akan kembali pada pelakunya. Perbuatan baik akan berbuah baik dan perbuatan buruk akan berbuah buruk pada pelakunya.

Share this post

Online Support

 

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan