Delegasi UTM, Raih 2 Juara pada MTQ-MR V Jember Jawa Timur

  • PDF

 

Delegasi UTM, Raih 2 Juara pada MTQ-MR V Jember Jawa Timur

 IMG 0490

Dua delegasi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yakni Muchamad Kriswandi Mahasiswa Sastra Inggris FISIB (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya) yang berduet dengan Andra Parasdyah Mahasiswa Akuntansi FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) meraih juara II pada cabang Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Inggris (MDBIQ). Sementara itu, Muh Hakim Azizi mahasiswa Hukum Bisnis Syariah FKis (Fakultas Keislaman) meraih juara III pada cabang Musabaqah Hifzhil Qur’an 20 Juz (MHQ-20) dalam pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Regional (MTQ-MR) V Jawa Timur yang bertempat di Universitas Jember.

Mengangkat tema “Melalui MTQ Mahasiswa Regional Jatim V, Membumikan Al Quran, Menggapai Islam rahmatallilalamin”, pelaksanaan MTQ-MR V Jawa Timur yang berlangsung pada 11-13 Agustus tersebut diikuti sebanyak 791 peserta yang terdiri dari 389 peserta putra dan 402 peserta putri dari 74 kafilah atau delegasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Jawa Timur.

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengirimkan sebanyak 25 delegasi di 13 cabang perlombaan yang didampingi langsung Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswan H. Boedi Mustiko, S.H., M.Hum, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Supriyanto, SE., M.M., Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan Trimulyani Budianingsih, SH., M.M dan para pembina pada pelaksanaan MTQ-MR V Jawa Timur yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jember Drs. Moh Hasan, M.Sc., Ph.D tersebut.

Dalam sambutannya, Moh Hasan menyampaikan ucapan salamat datang kepada seluruh kafilah atau delegasi MTQ-MR V Jawa Timur dalam pembukaan yang bertempat di Gedung Soetardjo tersebut. Lebih lanjut, ia berharap acara tesebut menjadi momentum untuk menyebarkan luaskan islam rahmatan lilaalamin guna menangkal faham yang justru bertolak belakang dengan al qur’an, ia juga menambahkan kepada para delegasi atau kafilah MTQ-MR V Jawa Timur agar tidak hanya berlomba atau berkompetisi mendapatkan juara, melainka juga sebagai wadah untuk menjalin silaturrahim.

“saya berharap acara ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan mendapatkan juara, tapi juga menjadi ajang silaturrahim. Melihat suasana yang begitu luar biasa ini kami sebagai pimpinan menjadi optimis dimasa mendatang akan lahir banyak pemimpin masa depan yang mencintai dan memiliki pemahaman al qur’an yang baik” Imbuhnya

Sementara itu, Ketua Panitia Nanang Tri Haryadi, SP., M.Sc. menyampaikan laporan acara yang di buka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars MTQ, Pembacaan ayat suci Al qur'an, Pembacaan SK Rektor Unej tentang Dewan Hakim/Juri, dan Pelantikan Dewan Hakim/Juri tersebut menuturkan bahwa tujuan dilaksanakanya MTQ Mahasiswa Regional Jatim V antarperguruan Tinggi se-Jawa Timur Tahun 2018 diantaranya adalah Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa khususnya di kalangan mahasiswa se-Regional Jatim. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi kandungan AlQur’an.

Disamping itu, ia juga bahwa sasaran pelaksanaan MTQ Mahasiswa Regional Jatim V antarperguruan Tinggi se-Jawa Timur Tahun 2018 adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan soft skill bidang Al Qur’an, mengaktualisasikan nilai-nilai kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan mahasiswa, dan Pemahaman nilai–nilai seni budaya Islami di kalangan mahasiswa.

“semoga MTQ-MR V Jatim ini dapat menjadi media syiar islam, dan mendorong kecintaan generasi muda kepada alquran, serta mewujudkan kecerdasan bangsa dengan karakter yang islami. Selamat mengikuti MTQ-MR V Jatim, semoga memberikan manfaat” imbuhnya

Disesi yang sama, Dr. Syahidin, M.Pd Ketua Dewan Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Indonesia (ADPISI) Regional Jawa Timur yang turut menjadi bagian dalam penyelenggaraan MTQ-MR V Jatim mengawali sambutannya dengan ucapan selamat dan sukses kepada Universitas Jember yang menjadi tuan ruan rumah.

Syahidin juga mengatakan bahwa terlaksananya MTQ-MR V Jatim 2018 merupakan berkat kerjasama antara Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan PTN-PTS dengan ADPISI Jawa Timur. Ia juga berharap pekasananaan acara tersebut dapat menjadi ajang silaturrahim.

“selamat dan sukses kepada tuan rumah, panitia, dan seluruh delegasi. Kami berharap ini menjadi salah satu wadah untuk silaturrahim” imbuhnya.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id