Fakultas Hukum

  • PDF

A.  Sejarah Fakultas Hukum

Universitas Trunojoyo merupakan kelanjutan dan atau perubahan dari Universitas Bangkalan Madura (UNIBANG) berstatus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kyai Lemah Dhuwur MKGR Bangkalan pada tahun 1981, mempunyai tiga fakultas yaitu Fakultas Hukum dengan Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Manajemen dan Fakultas Teknik dengan Jurusan Budidaya Teknik. Upaya mendirikan Unibang saat itu dilandasi untuk meningkatkan dan menampung Sumber Daya Manusia (SDM) secara khusus di Madura yang relatif rendah dan apabila melanjutkan kuliah selalu ke luar Madura. Oleh karena itu usaha-usaha kearah perbaikan baik soft ware maupun hard ware terus dilakukan. Puncaknya terjadi pada saat ditetapkannya penegrian yaitu perubahan status dari PTS (Unibang) menjadi Unijoyo (PTN).

B. Visi dan Misi

Dalam pelaksanaan kegiatan akademika di lingkup universitas Trunojoyo, Fakultas Hukum memiliki Visi serta Misi yang diemban dalam perjalanan fakultas ini,

Visi :

Menghasilkan lulusan yang berwawasan hukum, Prosional dan berkepribadian.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan sistem pembelajaran (belajar-mengajar) yang profesional dan mengikuti perkembangan IPTEKS untuk memenuhi tuntutan pengguna.
  2. Menjalin hubungan (komunikasi) dan kerja sama dalam bidang TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI dengan berbagai lembaga (lokal, nasional dan regional) untuk mensinergiskan aktivitas yang telah dilakukan oleh Fakultas Teknik dengan pengguna.

C. Tujuan

  1. Menumbuhkan rasa keadilan mahasiswa terhadap sesama manusia disertai dengan memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu hukum .
  2. Menumbuhkan kemampuan berpikir yuridis dan kemampuan menjalankan kemahiran yuridis dalam rangka mengemban profesi hukum.
  3. Menyelenggarakan konsultasi dan penyuluhan hukum dalam rangka meningkatkan kepekaan sosial dan kemampuan praktikal mahasiswa.
  4. Melaksanakan secara terorganisasi hasil – hasil penelitian dan pengabdian demi pengembangan ilmu hukum di masyarakat.
  5. Menumbuhkan kesadaran dan tanggujawab etik dalam pengembangan profesi di masyarakat.

D. Jaringan Kerjasama

Dalam pelaksanaan kegiatan akademik, Fakultas Hukum universitas trunojoyo telah menjalin hubungan kerjsama dengan berbagai pihak atau instansi terkait, baik itu instansi pemerintahan, maupun instansi non pemerintahan yang berada dalam ruang linkgkup dalam maupun luar negeri.

Beberapa hubungan kerjasama yang telah dilaksanakan antara lain dengan :

  1. Pemerintah Pusat
  2. Pemerintah Daerah
  3. Organisasi Masyarakat
  4. Mahkamah Konstitusi

E. Fasilitas yang Ada di Fakultas Hukum

  1. Ruang Gedung Kuliah ( Ruang Kuliah yang mempunyai fasilitas yang satndart )
  2. Ruang Dekan dan Ruang Pimpinan Fakultas
  3. Ruang Dosen dan Ruang Rapat Dosen
  4. Ruang Tata Usaha ( Karyawan Fakultas )
  5. Ruang Musollah
  6. Ruang Laboratorium
  7. Ruang Koleksi Khusus
  8. Ruang Vidio Conference
  9. Ruang Moot Court
  10. Ruang Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) dan Kelengkapannya

F. Prodi

  1. ILMU HUKUM ( S1 )

Situs: http://hukum.trunojoyo.ac.id

Share this post

Online Support

 

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan