Campus Recruitment Day 2014

  • PDF

Campus Recruitment Day 2014

IMG 7246Mahasiswa sebagai produk perguruan tinggi merupakan aset penting bagi bangsa Indonesia ini. Sebagai aset bangsa, mahasiswa menjadi manusia yang diharapkan bisa berkontribusi lebih besar terhadap kemajuan bangsa. Namun, persaingan dan tantangan di kalangan mahasiswa tidaklah mudah terutama sesudah menyandang gelar strata 1 salah satunya adalah dalam hal mencari dan memasuki dunia tempat kerja. Beberapa mahasiswa sebagian berhasil menjadi pioneer bagi terciptanya lapangan kerja dan tidak sedikit juga yang menganggur karena memiliki sedikit kemampuan untuk menjadi insan pencipta kerja. Sehingga, apabila pihak Universitas tidak peka terhadap permasalahan yang ada, maka mahasiswa pengangguran dari waktu ke waktu akan semakin meningkat. Untuk itu, pihak universitas harus mampu menjadi jembatan bagi lulusan Universitas sehingga ketika lulus dari bangku kuliah maka mereka akan segera mendapatkan pekerjaan sesuai dengan harapan mahasiswa tersebut.

Beberapa hari yang lalu, Career Delevelopment and Entrepreneurship Centre (CDEC) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berupaya untuk mencari solusi terhadap para lulusan yang baru saja diwisuda agar menemukan tempat untuk menikmati dunia kerja dengan cara mengadakan Job Fair bagi mahasiswa bertajuk Campus Recruitment Day 2014 (24/09).

IMG 7271Kegiatan Job Fair ini ditempatkan di lantai satu Graha Utama Gedung Rektorat Universitas Trunojoyo Madua dan ini sebagai salah satu solusi agar mahasiswa terutama lulusan UTM dari berbagai angkatan yang belum bekerja bisa menemukan tempat untuk bekerja. Para peserta mendengarkan presentasi dari masing-masing perusahaan terkait mekanisme pendaftaran dan hal-hal yang bisa diperoleh dengan bekerja di perusahaan mereka serta skill apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut disampaikan oleh wakil dari masing-masing perusahaan. Para peserta yang sudah menyetor berkas kemudian diseleksi melalui Curriculum Vitae dan kemudian ditest untuk tahapan seleksi selanjutnya. Para peserta yang lolos akan mendapatkan kesempatan bekerja di beberapa tempat yang menjadi patner kerja CDEC tersebut.

  IMG 7262Dr. Kurniyati Indasari. M.Si, Ketua Pelaksana Campus Recruitment Day 2014 menegaskan kegiatan ini akan rutin diselenggarakan menjelang wisuda sehingga para lulusan yang baru saja diwisuda segera menemukan tempat untuk mencari kerja sesuai dengan perusahaan yang mereka inginkan apalagi acara ini juga bisa dihadiri oleh mahasiswa dari angkatan sebelumnya.

Kegiatan ini dinilai sangatlah tepat, apalagi Job Fair ini juga melibatkan pihak Universitas dengan cara bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menampung setiap alumninya agar bisa bekerja di tempat perusahaan tersebut untuk meniti karir dalam dunia kerja.

Selain itu, Career Development and Entrepreneurship Centre Universitas Trunojoyo Madura memiliki beberapa program sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam hal berwirausaha. Career Development and Entrepreneurship Centre memberikan kesempatan terhadap mahasiswa untuk mengajukan proposal kewirausahaan dan proposal terpilih akan didanai untuk keberlangsungan usaha tersebut dengan beberapa ketentuan yang telah disepakati bersama dengan pihak CDEC. Kegiatan ini memberikan pelajaran bagi mahasiswa untuk belajar menjadi entrepreneur muda dengan gagasan dan ide bisnis layak jual di pasar dan di kalangan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura itu sendiri.

IMG 7253Maka, kegiatan Campus Recruitmen Day 2014 ini dinilai sangat penting dan memberikan kontribusi bagi mahasiswa yang sedang kesusahan mencari kerja untuk kehidupan pasca lulus dari Universitas. Beberapa hal menarik dari kegiatan ini, karena sedikit banyak memberikan bantuan dan kesempatan bagi mahasiswa yang tidak memiliki banyak jaringan di luar kampus bisa berpartisipasi untuk mendapatkan kerja dengan kontribusi dari kampus untuk mengatasi pengangguran. Aniyatus Shalihah, salah satu alumni UTM menegaskan bahwa kegiatan ini sangatlah tepat dan membantu mahasiswa dalam mencari kerja, tidak usah report-report pergi jauh-jauh ke perusahaan mereka masing-masing. Dan yang menarik adalah mahasiswa dapat memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang keilmuan dan passion mereka. Dan saya berharap kegiatan ini bisa dilakukan setiap semester dan juga peningkatan jumlah perusahaan yang ikut dalam Job Fair semakin bertambah,” Kata Ani.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh