J-SPeD dan JUMP ART di PIMNAS XXIX IPB 2016

  • PDF

 

J-SPeD dan JUMP ART di PIMNAS XXIX IPB 2016

 IMG 9066IMG 8992

          Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dari tahun ke tahun terus menunjukkan daya saingnya di kancah nasional dan internasional. Meski UTM terbilang perguruan tinggi negri (PTN) yang masih cukup muda di Jawa Timur, namun mahasiswa UTM selalu berpartisipasi dalam berbagai ajang kompetisi sehingga banyak prestasi yang diraih selama 15 tahun lamanya menjadi perguruan tinggi negri.

          Bertopang pada visi dan misi yang kuat yang dibangun oleh Pimpinan Universitas Trunojoyo Madura Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si beserta seluruh pimpinan untuk membangun generasi intelektual yang memiliki kemampuan dalam teknologi dan riset, hadirnya UTM diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar dilingkungan sekitarnya khusunya di Pulau Madura, Jawa Timur, dan Nasional secara pada umumnya.

          Dalam acara Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke XXIX 2016 yang bertempat di Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Trunojoyo Madura mendelegasikan mahasiswanya sebanyak 2 kelompok karya ilmiah yang menfokuskan pada bidang inovasi dan pengabdian masyarakat yakni J-SPeD dan JUMP ART untuk berpartisipasi dalam acara besar tahunan yang berlangsung selama 3 hari pada 8-10/08 tersebut.

J-SPeD atau Jaringan Jurnalis Siswa Pemberantas Pernikahan Dini merupakan sebuah karya ilmiah yang merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan dan mengurangi angka pernikahan dini dengan cara Kampanye Pers Kreatif INFEKSI (Informasi, Edukasi, dan Motivasi) melalui media cetak dan media sosial bagi siswa SMA di Madura yang merupakan wilayah yang menjadi objek lahirnya karya ilmiah ini. Dan JUMP ART adalah bentuk karya ilmiah yang berupa pemberdayaan atau pengabdian masyarakat yang berupa pelatihan untuk membuat batik jumpatan kepada siswa Sekolah Menengah Pertema Luar Biasa (SMPLB) sebagai upaya untuk mencetak entrepreneur muda.

IMG 8866

          Dalam acara pembukaan PIMNAS XXIX Prof. Muhammad Nasir, Ph.D sebagai Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam sambutannya menyampaikan bahwa peserta PIMNAS XXIX terbanyak yang terdiri dari 145 PTN/PTS se-Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa PIMNAS merupakan ajang mencari bibit unggul dalam melakukan inovasi dan riset yang dilakukan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, karena inovasi dan riset sangat penting di era saat ini untuk mampu berdaya saing di kancah dunia.

          Acara PIMNAS ke XXIX yang bertempat di Gedung Graha Wisuda Institut Pertanian Bogor tersebut dibuka dengan memencet bel sirine sebagai pembukaan acara dihari pertama, di hari kedua dilanjutkan dengan lomba porter dan presentasi karya ilmiah dari seluruh peserta sampai hari ketiga, dan di hari keempat diisi dengan pengumuman pemenang serta penutupan yang merupakan acara puncak PIMNAS ke XXIX.

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id