DIKLATSAR XXVI M.P.A GHUBATRAS

  • PDF

 

DIKLATSAR MPA. GHUBATRAS XXVI


Diklatsar yang merupakan kepanjangan dari pendidikan dan latihan dasar, merupakan proses awal dalam pembentukan karakter dasar akan ditanamkan dalam setiap individu yang mengikuti kegiatan diklatsar tersebut. Pendidikan dan latihan dasar (DIKLATSAR) yang bertujuan membentuk anggota yang memiliki fisik dan mental yang tangguh dalam kehidupan di alam bebas maupun di kehidupan sehari-hari. Banyak tehnik dan cara yang ditempuh untuk mewujudkan tujuan tersebut. Salah satunya menanamkan tujuan-tujuan utama dari kepecinta alaman dikarenakan kita bergerak di bidang kepecinta alaman. Selain itu, untuk kehidupan sehari-hari diterapkan tentang loyalitas terhadap organisasi tanggung jawab dan persaudaraan.

Pengalaman menarik yang menegangkan namun memberikan para peserta DIKLAT manfaat yang luar biasa akan didapatkan selama mengikuti DIKLATSAR tersebut, mulai dari ganasnya kehidupan di alam rimba, cuaca yang ekstrim dan suasana yang berbeda jauh dari kehidupan sehari-hari di kota. Semua itu diberikan kepada peserta DIKLAT untuk melatih para peserta DIKLAT agar mempunyai jiwa dan mental yang kuat. Agar tetap survive dalam kondisi apapun, untuk tetap survive dalam menghadapi kerasnya di kehidupan nyata. Untuk membentuk jiwa-jiwa yang kreatif dalam menghadapi segala macam cobaan dan tantangan kehidupan.

Pendidikan dan Latihan Dasar pada dasarnya juga meliputi nilai dalam Kode Etik Pecinta Alam, hal tersebut menunjukkan sikap seorang pecinta alam yang sejati adalah seseorang yang memiliki sikap religious yang tinggi, karena nilai-nilai yang terkandung dalam kode etik memiliki makna kecintaan manusia kepada Tuhannya, kecintaan manusia kepada alam ciptaan Tuhan, kecintaan manusia kepada Tuhannya, dalam bentuk menjaga dan memelihara alam agar serasi dan seimbang. Harapan yang muncul setelah peserta didik menjadi seorang anggota Mahasiswa Pecinta Alam akan memiliki kepribadian yang lebih baik serta memegang teguh nilai-nilai yang terkandung dalam Kode Etik Pecinta Alam .

DIKLATSAR pada saat ini di laksanakan selama 7 hari yaitu dari hari tanggal 21-28 september 2014 bertempat di Tahura R. Soerjo Pasuruan. Jumlah anggota DIKLATSAR yaitu 10 Orang, terdiri dari 7 laki-laki dan 3 perempuan, Maulidi ( Ketua umum MPA GHUBATRAS ) menyampaikan GHUBATRAS pada saat ini mengutamakan kualitas daripada kuantitas pungkasnya, Mengingat jumlah peserta yang ikut pada saat diklat jauh berkurang pada saat pendaftaran awal. 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id