Summer Course IV

  • PDF

 

Summer Course IV

 IMG 5376

Sejak tahun 2015, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mendapat kepercayaan dari Universitas Walailak (UW) Thailand untuk memberikan kursus Bahasa Indonesia kepada mahasiswanya yang menempuh di Program ASEAN Studies.

Kepercayaan tersebut terus dibangun oleh UTM dengan UW hingga ditindaklanjuti dengan kerjasama dan pertukaran mahasiswa. Kini tercatat ke 4 (empat) kalinya mahasiswa UW menyelenggarakan Summer Course di UTM.

Pelaksanaan Summer Course IV yang diikuti sebanyak 5 (lima) mahasiswa UW tersebut didampingi langsung oleh Dr. Pensri Panich sebagai Dosen Pembimbing. Ketua Pusat Pelayanan dan Pengembangan BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd. yang bertanggungjawab pelaksanaan Summer Course menyampaikan bahwa timnya telah menyusun acara dengan kopsen yang berbeda dan lebih unik dari kampus-kampus lain.

Bertempat di Graha Utama lt 5, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan H. Boedi Mustiko, S.H., M.Hum yang didampingi Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Sulaiman, S.Pd., M.Pd beserta seluruh Wakil Dekan, Ketua International Relation Office dan para Dosen tutor dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyambut kedatangan rombongan dari UW tersebut.

Membuka acara, H. Boedi Mustiko dalam sambutannya mengaku sangat berbahagia karena UW terus memberikan kepercayaan kepada UTM. Disamping itu, Ia juga berharap kerjasama dan pertukaran mahasiswa terus dilakukan kedua belah pihak.

“kami mengucapkan terima kasih kepada UW yang terus memberikan kepercayaan kepada UTM, kami sangat senang kegiatan ini terus berlanjut dan kerjasama juga terus terjalin” Terangnya

Sementara itu, Dr. Pensri Panich mewakili UW menyampaikan bahwa UTM adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Madura yang memiliki keunikan tersendiri dan kaya dengan kebudayaan. Menurutnya pelayanan UTM selalu bagus dan selalu memberikan apa yang dibutuhkan mahasiswa UW selama belajar,

IMG 5378IMG 5360

“kami merasa berteman dengan UTM dengan pelayanannya yang sangat bagus dan selalu memperhatikan kebutuhan mahasiswa kami. Selalu menampilkan keunikan-keunikan baru kepada kami, bilamana ada banyak ketidak fahaman mahasiswa kami dalam belajar nantinya, mohon dimaafkan” Tuturnya

Lebih lanjut, Pensri Panich juga berharap keberadaan kelima mahasiswanya tersebut di Madura yang kaya dengan budaya selama dua minggu, akan mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman yang di dapatkan.

Disesi yang sama Dekan Fakultas Pendidikan Sulaiman, S.pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada UW yang terus memberikan kepercayaan kepada FIP UTM, Ia meminta kepada para dosen penyusun akademik dan dosen tutor agar mengkonsep sistem pembelajaran yang lebih lebih flaksibel dan menyenangkan.

Sulaiman juga mengatakan akan segera memperpanjang MoU/MoA antara UTM dengan UW agar kerjasama kedua belah pihak tetap terjalin dengan baik, sebab menurutnya banyak manfaat yang saling didapatkan oleh kedua pihak.

Beberapa rentetan acara Summer Course IV diatanya adalan belajar Budaya Indonesia, mengenal bahasa Indonesia, belajar memasak masakan Indonesia, berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, melihat pembuatan batik dan belajar langsung dan mengunjungi tempat-tempat wisata di Madura.

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id