Gelar Pelatihan Jurnalistik Bola Menyambut World Cup 2014

  • PDF

Gelar Pelatihan Jurnalistik Bola Menyambut World Cup 2014

okUKMF Tofatek menggelar pelatihan jurnalistik bola untuk mahasiswa di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura. kegiatan ini terbilang kreatif sebab panitia menyelenggarakan kegiatan ini menjelang masyarakat menunggun perhelatan akbar piala dunia (World Cup) di Brasil nanti. Tema kegiatan ini, “Journalism and Statistic is a Part Modern Football”.

Kegiatan ini bertempat di Gedung Auditorium Universitas Trunojoyo Madura dan dihadiri kurang lebih tiga puluh peserta. (7/6). Menurut Panitia Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Bola ini, “Tujuan utama kegiatan pelatihan ini adalah agar para mahasiswa mampu menyerap banyak ilmu seputar peliputan sepak bola dan mengetahui sedikit banyak tentang statistik pertandingan.”

IMG 3480Panitia menghadirkan Agung Harsya dari Goal Indonesia dan Hamdani Maulana dari Labbola sebagai pembicara. Selama empat jam para peserta mendapatkan materi tentang peliputan bola dan membuat statistik pertandingan seperti jumlah ball position, akumulasi kartu, offside dan pelanggaran pemain. Harsya menjelaskan panjang lebar tentang tips menulis liputan bola dan Chief Editor Goal Indonesia ini mengatakan bahwa setiap orang bisa menulis liputan bola, caranya yaitu buatlah blog tentang sepak bola. Ketika blog sudah jadi, maka promosikan blog tersebut lewat twitter. Hamdani, direktur labbola Indonesia itu juga menyampaikan trik-trik mengetahui teknik membuat statistic pertandingan selama kegiatan pertandingan berlangsung termasuk untuk mengetahui keunggulan masing-masing tim dari penguasaan bola dan umpan-umpan akurat.

Di akhir acara, para peserta diberikan kesempatan untuk menonton pertandingan antara Real Madrid melawan Atletico Madrid di Liga Champion 2014 berdurasi sekitar 15 menit dan kemudian para peserta dianjurkan untuk berlatih menulis liputan bola berdasarkan video yang ditonton tersebut terutama tentang statistik keunggulan masing-masing tim, dalam hal penguasaan bola.

Dua peserta yang berhasil membuat liputan sepak bola berdasarkan video tersebut dengan liputan paling baik, kemudian diberikan hadiah berupa buku oleh panitia. Acara ini dimulai sekitar jam 90.00 Wib dan berlangsung hingga jam 13.30 Wib.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id