Fakultas Teknik

  • PDF

A. Visi dan Misi

Visi Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura

Akhir tahun 2022, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura menjadi Fakultas yang unggul di tingkat Nasional dalam Bidang Pendidikan dan Riset Engineering.

Misi Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura

1.Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder ;

2.Melakukan penelitian untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi;

3.Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan hasil penelitian untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Tujuan Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura

1.Menghasilkan lulusan yang mampu memenuhi kebutuhan stakeholdernya;

2.Membentuk sistem pendidikan yang handal (rebiable) untuk mengembangkan ilmu dan pengetahuan dalam bidang engineering yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder;

3.Meningkatkan hasil karya penelitian dalam bentuk publikasi ilmiah dan terapan teknologi yang bermamfaat bagi civitas akademik dan masyarakat;

4.Membangun dan meningkatkan kerjasama dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas pendidikan,penelitian dan pengabdian pada masyarakat;

5.Menghasilkan jalinan kerja sama yang senergis dan berkelanjutan.

B. Sasaran dan strategi pencapaiannya

Strategi pencapaian visi, misi dan tujuan Fakultas Teknik tertuang dalam dokumen Renstra 2018-2022 dan Rencana Operasional (Renop) Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura 2018-2022 yang disahkan dengan SK Dekan No. 75/UN46.1.31/2018 pada tanggal 23 April 2018. Adapun sasaran dan strategi pencapaian serta indikator kinerja Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura adalah sebagai berikut;

Mengacu pada Milestone pencapaian visi dan misi UTM (Gambar 1.1). Saat ini Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura dalam pencapaian sasaran dan strategi yang dilakukan dengan memprioritaskan pada optimalisasi manajemen mutu dan pemenuhan standar mutu Fakultas serta peningkatan kerjasama yang dituangkan pada Gambar 1.2.

 A

  Gambar 1.1. Milestone Pencapaian Visi Misi UTM

B

 Gambar 1.2. Milestone Pencapaian Visi Misi Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura

Program 1 : Program Peningkatan Kompetensi Lulusan / Mahasiswa.

1.Peningkatan daya panggil dan promosi, indikator kinerja yaitu rasio jumlah calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya panggil meningkat.

2.Peningkatan jumlah mahasiswa yang mampu mencapai skor TOEFL 450, indikator kinerja yaitu mahasiswa yang akan mengikuti proses Yusidium wajib memiliki skor TOEFL 450.

3.Aktivitas pengembangan organisasi mahasiswa, indikator kinerja yaitu aktivitas dan jumlah kegiatan organisasi mahasiswa di Fakultas Teknik bertambah

4.Kegiatan pengembangan minat dan bakat mahasiswa, indikator kinerja yaitu jumlah kegiatan pengembangan minat dan bakat mahasiswa selalu meningkat setiap tahun.

5.Pelatihan kewirausahaan, indikator kinerja yaitu jumlah pelatihan kewirausahaan meningkat setiap tahun

6.Pelatihan kepemimpinan, indikator kinerja yaitu pelatihan kepemimpinan rutin diadakan setiap tahun

7.Dukungan institusi terhadap mahasiswa yang mengikuti lomba/kejuaraan tingkat regional, nasional dan internasional (persiapan materi, fasilitas dan keuangan), indikator kinerja yaitu prestasi mahasiswa di tingkat regional dan nasional dapat diraih setiap tahun.

8.Memberikan layanan pembinaan karir mahasiswa, indikator kinerja yaitu memberikan pembekalan soft skill bagi mahasiswa tingkat akhir secara rutin setiap tahun dan kegiatan wirausaha mahasiswa meningkat

9.Workshop kurikulum berbasis KKNI, indikator kinerja yaitu semua prodi menerapkan kurikulum KKNI.

10.Penyusunan RPS berbasis kurikulum KKNI, indikator kinerja yaitu tersusunnya kurikulum berbasis learning outcome yang mengacu pada KKNI.

11.Hibah pembuatan bahan ajar, indikator kinerja yaitu persentase mata kuliah yang telah memiliki buku ajar, hand out dan diktat meningkat.

12.Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan mahasiswa, indikator kinerja yaitu masa tempuh studi, IPK rata-rata, dan produktivitas lulusan mahasiswa semakin baik.

13.Menyediakan layanan perwalian bagi mahasiswa, indikator kinerja yaitu persentase angka DO/keluar mahasiswa menurun.

Program 2 : Program Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Dosen dan Tenaga Kependidikan

1.Pengiriman dosen studi lanjut, indikator kinerja yaitu persentase dosen yang berkualifikasi Doktor (S3) meningkat

2.Pemetaan kompetensi dosen dan perencanaan kebutuhan, indikator kinerja yaitu tersedia peta kompetensi dan kebutuhan dosen.

3.Pengadaan petugas ruang baca, indikator kinerja yaitu tersedianya 1 orang petugas ruang baca.

4.Peningkatan kualitas dosen dan Tenaga Kependidikan, indikator kinerja yaitu jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang mengikuti program pelatihan keahlian tersertifikasi dan relevan dengan bidang keahlian dan kebutuhan pasar kerja bagi lulusan setiap tahun meningkat.

Program 3 : Program Pengembangan Sarana dan Prasarana Penunjang Pendidikan

1.Pemetaan ketersediaan dan kebutuhan buku sesuai disiplin ilmu, indikator kinerja yaitu kecukupan buku tiap program studi meningkat.

2.Hibah sarana penunjang pendidikan, indikator kinerja yaitu peningkatan jumlah hibah buku ajar dan adanya pengelolaan jurnal ilmiah yang terakreditasi.

3.Pengadaan perangkat keras dan lunak untuk mendukung ketersediaan jurnal internasional, indikator kinerja yaitu memiliki 1 server untuk menyimpan data e-jurnal yang diunduh.

4.Evaluasi kebutuhan peralatan fungsional, indikator kinerja yaitu persentase kelengkapan peralatan laboratorium memadai.

5.Perbaikan alat fungsional, indikator kinerja yaitu kondisi peralatan fungsional menjadi lebih baik.

6.Perbaikan alat gedung, indikator kinerja yaitu kondisi peralatan gedung menjadi lebih baik.

Program 4 : Program Penguatan Tata Kelola

1.Revisi dan penambahan dokumen manual prosedur, monitoring dan evaluasi pembelajaran, penyusunan evaluasi, evaluasi mutu tugas akhir, indikator kinerja yaitu indeks kepuasan jasa layanan meningkat

2.Penyusunan OTK, Renstra dan Renop Fakultas, indikator kinerja yaitu tersusunnya OTK, renstra dan Renop Fakultas teknik

Program 5 : Program Penguatan Administrasi, Kelembagaan, dan Keuangan

1.Rapat kerja, indikator kinerja yaitu tersusunnya rencana kerja dan anggaran tahunan perguruan tinggi serta evaluasi tingkat ketercapaiannya pada setiap akhir tahun.

2.Evaluasi tingkat ketercapaian Anggaran, indikator kinerja yaitu dilaksanakannya evaluasi tingkat ketercapaian standar satuan biaya pendidikan tinggi pada setiap akhr tahun anggaran

3.Transparansi sistem penganggaran, indikator kinerja yaitu terlaksananya sistem e-budgetting

4.Updating web secara periodik, indikator kinerja yaitu frekwensi up dating web semakin rutin dilakukan.

Program 6 : Program Penguatan, Pendayagunaan dan Pengintegrasian Sistem Informasi

1.Rekrutmen tenaga IT, indikator kinerja yaitu tersedianya tenaga IT di tiap program studi.

2.Pemanfaatan sistem informasi, indikator kinerja yaitu pemanfaatan sistem informasi di bebagai aspek kegiatan.

Program 7 : Program Optimalisasi Penjaminan Mutu

1.Pemetaan kebutuhan dosen, indikator kinerja yaitu rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen tetap.

2.Pemetaan dukungan sarana prasarana untuk pembelajaran, indikator kinerja yaitu ketercukupannya kebutuhan sarana dan prasarana untuk kegiatan pembelajaran.

3.Pelaksanaan audit mutu akademik, indikator kinerja yaitu setiap tahun dilakukan kegiatan audit mutu akademik.

Program 8 : Program Penjalinan Kerjasama

1.Penjajakan Peluang Kerjasama, Indikator kinerja yaitu jumlah kerjasama ditingkat nasional dan internasional meningkat

2.Tindak lanjut kerjasama, Indikator kinerja yaitu persentase kerja sama yang ditindaklanjuti meningkat

Program 9 : Program Penguatan Penelitian

1.Pengelolaan Jurnal Terakreditasi, indikator kinerja yaitu jumlah pengelolaan jurnal terakreditasi.

2.Bantuan publikasi ilmiah (jurnal terakreditasi, internasional, buku ajar, buku teks), indikator kinerja yaitu jumlah artikel yang terpublikasi pada jurnal terakreditasi dan internasional meningkat, begitu juga dengan buku ajar dan buku teks.

3.Bantuan pelaksanaan seminar, indikator kinerja yaitu jumlah dosen yang menjadi pemakalah di seminar nasional dan internasional meningkat.

4.Layanan bimbingan penyusunan proposal PKM bagi mahasiswa, indikator kinerja yaitu persentase proposal PKM yang didanai meningkat

5.Dokumentasi kegiatan penelitian, indikator kinerja yaitu terdokumentasinya laporan kinerja penelitian.

Program 10 : Program Penguatan Pengabdian kepada Masyarakat

1.Revitalisasi kegiatan pengembangan UKM, lembaga binaan, indikator kinerja yaitu setiap prodi mempunyai UKM atau lembaga binaan.

2.Mengefektifkan sistem penjalinan kerjasama, indikator kinerja yaitu terdapat keterlibatan pemerintah daerah, institusi bisnis atau industri dalam kegiatan di lingkup Fakultas Teknik.

3.Bantuan Pengabdian Kepada Masyarakat, indikator kinerja yaitu angka partisipasi dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Share this post

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id