CategoriesHeadlines Events

BANGKALAN, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) memperkuat sinergi dengan Ombudsman Republik Indonesia dalam upaya peningkatan mutu pelayanan publik, khususnya di lingkungan perguruan tinggi, menyambut era Society 5.0. Kolaborasi ini dipertegas dalam kuliah umum bertajuk “Sinergi Ombudsman RI dengan Perguruan Tinggi dalam Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Era Society 5.0” yang digelar pada Rabu (19/6/2025), yang merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-24 UTM.

Dengan mengusung tagline “Berakar di Madura, Berdampak untuk Dunia”, UTM menunjukkan komitmennya untuk menjadi pelopor tata kelola pendidikan tinggi yang akuntabel, transparan, dan berorientasi pada pelayanan prima.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Rektorium, dekanat, kepala biro, serta ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas. Kuliah tamu ini dibuka dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Trunojoyo Madura dan Ombudsman Republik Indonesia, sebagai bentuk kerja sama dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam aspek pengawasan dan peningkatan mutu pelayanan publik.

Dalam sambutannya, Rektor UTM, Prof. Dr. Safi’, S.H., M.H., menekankan pentingnya penerapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) di seluruh unit kerja. Ia menyebutkan bahwa dua biro utama, yakni BAKK (Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama) dan BUK (Biro Umum dan Keuangan) telah menerapkan SPM dan sedang mempersiapkan aplikasi layanan pengaduan digital.

“Pelayanan akademik dan administratif harus responsif terhadap kebutuhan masyarakat kampus. Penerapan SPM bukan hanya tuntutan regulasi, tapi bagian dari budaya pelayanan yang ingin kita bangun bersama,” tegas Rektor UTM.

Langkah ini juga menjadi bagian dari upaya berkelanjutan UTM setelah ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Layanan Badan Umum (PTN-BLU) serta meraih akreditasi unggul dari BAN-PT. Transformasi tersebut menjadi fondasi kuat untuk menghadirkan sistem pendidikan tinggi yang berdaya saing dan berdampak nyata.

Sebagai bentuk komitmen terhadap tata kelola yang baik dan partisipatif, Rektor Universitas Trunojoyo Madura secara resmi melaunching program layanan pengaduan LPMPP. Program ini diharapkan menjadi sarana yang efektif bagi sivitas akademika untuk menyampaikan masukan, kritik, maupun keluhan terkait kualitas layanan pendidikan, sejalan dengan semangat reformasi birokrasi di dunia pendidikan tinggi.

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, S.H., M.Hum., Ph.D., memberikan apresiasi atas inisiatif UTM dalam menyediakan kanal layanan pengaduan berbasis digital. Menurutnya, langkah ini merefleksikan semangat partisipatif yang menjadi esensi dari pelayanan publik di era masyarakat super cerdas.

“Pelayanan publik harus bersifat partisipatif agar tercipta mekanisme pengawasan mandiri (self-control). UTM telah menunjukkan langkah konkret untuk menjadi institusi cerdas dengan tata kelola cerdas,” ungkap Najih.

Najih juga mengajak mahasiswa untuk mengangkat tema-tema pelayanan publik dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan tugas akhir, terutama yang berhubungan dengan desa, ekonomi, politik, hukum, dan pendidikan sesuai bidang keilmuan masing-masing.

Lebih lanjut, Najih menyoroti makna tema Dies Natalis ke-24 UTM. “Berakar di Madura berarti menumbuhkan etika lokal sebagai pondasi pelayanan publik. Budaya Madura yang kuat dalam etika dan tanggung jawab sosial menjadi nilai lebih dalam membangun sistem pelayanan yang adil,” ujarnya.

Ombudsman RI yang berdiri sejak tahun 2000 melalui Keppres No. 44 Tahun 2000, memiliki usia yang hampir sejajar dengan UTM. Keduanya berangkat dari semangat yang sama: membela kepentingan publik dan mendorong akuntabilitas penyelenggara layanan, baik pemerintah, BUMN, maupun swasta yang menggunakan dana publik.

Dengan sinergi ini, UTM berharap dapat memperluas kiprah dalam pengawasan dan pembinaan layanan publik berbasis riset dan pengabdian masyarakat. Kolaborasi bersama Ombudsman RI diharapkan tidak hanya berhenti di kuliah umum, tetapi berlanjut pada penguatan kurikulum, program magang, hingga riset terapan di bidang pelayanan publik sebagai bagian dari kontribusi nyata UTM Berdampak (berakar di madura dan berdampak untuk dunia).

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Ruas yang wajib ditandai *

Contact

031-3011146
+62811-3333-0046

Email

humas@trunojoyo.ac.id

Office Address

Jl. Raya Telang,PO BOX 02 Kec. Kamal, Bangkalan. Kodepos: 69162 

Official Account

Copyright © 2023 Universitas Trunojoyo Madura. All Rights Reserved.