Penandatangan Mou Antara Universitas Trunojoyo Madura Dengan Kementerian Kelautan Dan Perikanan

  • PDF
Rektor Unijoyo dan Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan

Bertempat di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Universitas Negeri Trunojoyo Madura pada tanggal 28 Juli 2010 Menandatangani MoU dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. MoU ini merupakan payung terhadap aktifitas-aktifitas yang selama ini telah dilaksanakan oleh Universitas Trunojoyo dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan maupun dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Timur. Kerjasama ini menyangkut aspek pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Dalam Penandatanganan MoU ini Universitas Trunojoyo diwakili langsung Oleh Rektor Universitas Trunojoyo Prof. Dr. Ir. H. Ariffin., MS. sementara dari pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan diwakili oleh Prof. Dr. Ir. HM. Syamsul Ma’arif., M.Eng. yang merupakan Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Harapan dari kerjasama ini Universitas Trunojoyo dapat berperan dalam meningkatkan taraf hidup nelayan yang selama ini dalam taraf hidup termajinalkan sehingga dengan pelatihan dan pemberdayaan akan meningkatkan pendapatan nelayan dan masyarakat pesisir, baik melalui peningkatan sumberdaya kelautan dan perikanan, garam, rumput laut yang selama ini sudah dilakukan oleh Fakultas Pertanian khususnya oleh Pusat Studi Ilmu Kelautan dan Pusat Studi Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Dalam kaitan dengan pengembangan program swasembada garam, diharapkan program swasembada garam yang dicanangkan oleh Kementertian Kelautan dan Perikanan ini, Universitas Trunojoyo bisa mengambil peran langsung. Yang kita pahami bahwa garam mempunyai peran yang sangat tinggi dalam kehidupan, artinya dengan pengembangan garam, petani garam yang sebelumnya mendapat pengakuan rendah dibanding petani gula bisa duduk sama rendah berdiri sama tinggi.

Untuk mendukung peningkatan masyarakat pesisir, Universitas Trunojoyo bisa mengambil peran dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten di Madura bersama-sama meningkatkan taraf hidup petani garam dan nelayan.

Dampak terhadap aktifitas akademik dengan kerjasama ini mahasiswa akan lebih mudah untuk melaksanakan praktek kerja atau penelitian di lembaga-lembaga yang ada dibawah Kementerian Kelautan Perikanan. Dengan kerjasama ini akan membuka wacana lebih luas keikutsertaan pergururan tinggi untuk mendukung program pemerintah terutama dalam peningkatan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan.

Penandatanganan MoU

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id