Batu, Malang (16-18 Desember 2024) – Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menggelar Rapat Koordinasi persiapan akreditasi, evaluasi pelaksanaan PPG, serta penyusunan laporan akhir pelaksanaan PPG Calon Guru Gelombang II Semester I Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, bertempat di Hotel Aston INN Batu, Malang. Acara ini dihadiri oleh 55 orang dari total 60 peserta yang terdiri atas pengelola program studi, dosen, dan guru pamong.
Badrud Tamam, Ketua Program Studi PPG, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan memastikan kesiapan seluruh pihak terkait akreditasi program studi. Pihaknya juga menyoroti pentingnya penyusunan instrumen dan pengumpulan data yang sesuai dengan kebijakan baru akreditasi yang akan diberlakukan pada Februari 2025.
“Dulu, skor 361 sudah cukup untuk meraih akreditasi A. Namun, dengan instrumen baru, meskipun skornya sama, ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi agar akreditasi mencapai status unggul. Saat ini, akreditasi kita masih B, tetapi kami berharap dalam pengajuan akreditasi berikutnya, hasilnya dapat lebih baik,” ujar Badrud Tamam optimis.
Sementara itu, Dekan FKIP, Dr. Hani’ah, S.Pd., M.Pd., menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para dosen dan guru pamong atas kerja keras dan kontribusi mereka dalam mensukseskan program PPG. “Terima kasih atas dedikasi bapak-ibu sekalian. Kerja keras dan kerja cerdas ini telah memberikan hasil yang membanggakan, yakni menempatkan PPG FKIP UTM dalam 5 besar LPTK terbaik secara nasional dalam pengelolaan PPG di akhir tahun 2024,” ungkapnya dengan penuh rasa syukur.
Hani’ah menambahkan bahwa penghargaan tersebut merupakan hadiah manis di penghujung tahun dan menjadi motivasi bagi tim PPG untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan program di masa mendatang.
Acara ini juga menghadirkan narasumber Makbul Muksar dari FMIPA Universitas Negeri Malang, yang memberikan materi terkait persiapan akreditasi Program Studi PPG. Sesi ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan dan strategi yang diperlukan bagi tim PPG untuk menghadapi proses akreditasi mendatang.
Melalui kegiatan ini, seluruh peserta diharapkan dapat semakin siap menghadapi tantangan akreditasi dengan semangat kebersamaan dan komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan profesi guru dan Program Studi PPG dapat memperkuat sinergi antara dosen, guru pamong, dan tim pengelola dalam menghadapi tantangan akreditasi dan meningkatkan kualitas lulusan calon guru.