Workshop Penulisan Buku dan Kerjasama

  • PDF

 

Workshop Penulisan Buku dan Kerjasama

 IMG 9383

Menulis merupakan salah satu hobi atau kesukaan yang dimiliki seseorang dalam menuangkan gagasannya baik berupa hasil pemikiran atau hasil riset yang dilakukan. Menulis juga dilakukan seseorang dalam rangka memberikan sumbangsih literasi pada generasi selanjutnya.

Pentingnya literasi atau rujukan yang berupa buku sebagai penunjang berlangsungnya proses belajar mengajar tentu menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah institusi pendidikan seperti halnya di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) misalnya. Meski perubahan teknologi dan informasi semakin pesat, namun buku sebagai jendela dunia tidak bisa dilepaskan dari dunia pendidikan. Oleh sebab itu, menulis buku menjadi sangat penting sebagai keberlanjutan ilmu pengetahuan.

Mendorong para dosen dan seluruh civitas akademika untuk menulis buku dan menerbitkannya dalam rangka memenuhi kebutuhan literasi, UTM melalui UPT Perpustakaan menggelar Workshop Penulisan Buku ber-ISBN dan sekaligus melakukan Penandatanganan MoU antara UTM dengan Penerbit Andi Yogyakarta pada 11/04/2018.

 Bertempat di Aula Graha Utama, Rektor Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M. Si. yang membuka acara tersebut mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada Direktur Penerbit Andi Joko Irawan Mumpuni yang telah mempercayai UTM sebagai mitra baru.

Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M. Si. juga mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut, sebab menurutnya perpus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari institusi pendidikan. "semoga kerjasama ini memberikan manfaat kepada institusi dan penerbit, serta semakin banyak para dosen menulis dan menerbitkan buku setelah kerjasama ini. Paparnya

Sementara itu, menjadi narasumber tunggal Direktur Penerbit Andi, Yogyakarta Joko Irawan Mumpuni banyak menyampaikan tentang writing preneurship atau menulis yang menuai penghasilan dan gambaran umum tentang penerbitan di indonesia.

Disamping itu, sebagi Direktur, dia juga banyak mendorong para dosen di lingkungan UTM untuk rajin menulis, sebab menurutnya banyak manfaat yang bisa di dapatkan. Selain berupa royalti, juga dapat membantu perkembangan pengetahuan kepada masyarakat. "bila kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah. Pesannya mengutip ungkapan Al Ghazali

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id