Perluas Wawasan dari Kuliah Tamu

  • PDF

 

Perluas Wawasan dari Kuliah Tamu

IMG 0441

Berbagai upaya dalam rangka memberikan tambahan wawasan pengetahuan untuk mendukung proses belajar mengajar di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) terus dilakukan. Pengembangan wawasan tersebut dilakukan dengan berbagai hal, diantaranya adalah melalui “Kuliah Tamu” yang mengahadirkan pemateri ternama nasional atau internasional.

Kuliah Tamu menjadi salah satu alternatif dalam menambah wawasan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen maupun mahasiswa sebagaimana yang dilakukan oleh Program Studi (prodi) Teknik Informatika Fakultas Teknik pada 08/08/2018.

Bertempat di Audtorium Pasca Sarjana, Kuliah Umum yang menghadirkan Prof. Dr. Ir. G.J. (Bart) Verkerke dari University of Groningen, Netherlands sebagai pembicara tersebut dihadiri para dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Informatika. Membuka acara, Sigit Susanto Putro, S.Kom., M.Kom. mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih, ia juga menuturkan sangat senang Prof. Dr. Ir. G.J. (Bart) Verkerke telah berkenan hadir dan memberikan materi.

Disesi yang sama, Wakil Dekan II Achmad Yasid, S.Kom., M.Kom. mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut, menurutnya Kuliah Tamu dapat menjadi salah satu alternatif dalam memperluas wawasan keilmuan. “ ini sangat luar biasa, saya ucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. G.J. (Bart) Verkerke yang telah hadir dan memberikan materi sebagai tambahan wawasan, sebab dalam membangun wawasan keilmuan tidak cukup dari internal, tapi juga butuh tambahan wawasan dari luar” terangnya

Berkaca pada sistem pendidikan di eropa yang sangat maju, Achmad Yasid juga berharap suatu saat Fakultas Teknik secara umum bisa berkunjung dan belajar banyak hal ke Belanda.

Sementara itu, mengangkat tema “Internasional Journal Publication” pada sesi pertama dan “Biomedical Engineering” disesi yang kedua” tersebut Prof. Dr. Ir. G.J. (Bart) Verkerke dalam materinya banyak menyampaikan tentang pengembangan teknik biomedis yang menjadi fokus karya dan jurnal penelitiannya.

Disamping itu, peraih Profesor bidang Pengembangan Produk BioMedis di University of Twente, The Netherlands dan sekaligus juga sebagai Directur Teknis-Ilmiah di University of Groningen, Netherlands tersebut memaparkan penerapan dan pengembangan keilmuan yang ia lakukan pada teknik biomedis melalui SPRINT yaitu Smart, Previntion, Rehabilitation and Intervention, Technologies.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan pengalamannya dalam penyembuhan pasien yang mengalami patah tulang yang akhirnya sembuh hingga pengembangan keilmuannya menjadi karya yang terus berkembang dan jurnal penelitiannya dapat terpublikasi internasional.

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id