Kuliah Tamu Yudicial Review

  • PDF

 

Kuliah Tamu Yudicial Review

DSC 1497

 

Rumusan suatu produk hukum dan kebijakan seringkali menimbulkan pro dan kontra dalam tataran implementasinya di masyarakat, sehingga seringkali perlu dilakukan adanya tinjauan yudisial untuk menguji kelayakan suatu produk hukum dan kebijakan. Pentingnya wawasan tersebut, Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura (FH UTM), gelar Kuliah Tamu bertajuk Judicial Review yang mengundang Prof. A.W Heringa seorang Profesor bidang Hukum Konstitusi Komparatif dari Mastrich University, Netherlands. pada 01/11/2019

Mengangkat tema "The Necessity of Judicial Review For The Legitimacy of Democracy", acara yang bertempat di Graha Utama lantai 5 tersebut diharapkan dapat membuka wawasan tentang perlunya tinjauan yudisial suatu produk hukum atau kebijakan dalam sistem demokrasi menjadi salah satu langkah menguji kelayakan produk hukum dan kebijakan.

Dihadiri oleh dosen dan mahasiswa, Prof. A.W Heringa dalam salah satu isi materinya mengatakan bahwa produk hukum yang dihasilkan oleh manusia akan selalu menimbulkan pro dan kontra, hal tersebut biasa terjadi karena manusia lahir dari perbedaan latar belakang, maka produk suatu hukum dan kebijakan seringkali dibutuhkan penyempurnaan.

Menurut Prof. A.W Heringa tidak jarang suatu produk hukum dan kebijakan yang dihasilkan akan ada yang merasa diuntungkan karena dianggap sudah bagus, juga ada yang merasa dirugikan karena dianggap tidak menimbulkan kemaslahatan dalam implementasinya.

Di akhir materinya ahli hukum konstitusi perbandingan itu kemudian memberikan catatan bahwa produk hukum dan kebijakan itu akan dapat dikatakan baik bila semua elemen masyarakat dapat mendapatkan kebaikan atau manfaatnya. Karena sejatinya, hukum dan kebijakan dibuat untuk mempermudah dan melahirkan ketertiban.

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id