Sumbangsih Universitas Trunojoyo bagi Pengembangan Bahasa Madura.

  • PDF

 

Sumbangsih Universitas Trunojoyo bagi Pengembangan Bahasa Madura.

 

BANGKALAN – Belum lama ini universitas trunojoyo melaksanakan rapat kerja dalam rangka pengembangan dan merumuskan rencana strategis restra (2014-2018). Dalam rapat kerja tersebut pimpinan universitas trunojoyo memberikan beberapa catatan sebagai berikut:

Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si. mengatakan UTM harus mengangkat semua potensi Madura agar menjadi PTN yang berbeda.” Sementara itu, Pembantu Rektor I Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H.,M.S. menegaskan, renstra itu untuk membuat wajah UTM menjadi PTN yang unggul dalam pendidikan dan riset. Sehingga UTM diharuskan melakukan percepatan daya saing nasional. ”Maka perlu adanya peningkatan SDM untuk mengangkat semua potensi SDA di Madura,” tegasnya. Dr. Ir. Abdul Azis Jakfar, M.T. selaku Pembantu Rektor II menambahkan, harus ada lompatan yang dilakukan UTM dengan potensi lokalnya agar menjadi PTN pembeda dan bersaing di tingkat nasional. Karena itu, maka UTM akan menajdi pusat informasi segala potensi Madura. ”Pembantu Rektor III H. Boedi Mustiko, S.H.,M.Hum mengatakan, ada tiga yang perlu di kembangkan dalam bidang kemahasiswaan, yakni, keorganisasian mahasiswa, minat bakat dan penalaran mahasiswa seperti halnya karya tulis, dan kesejahteraan mahasiswa seperti beasiswa. ”Pengembangan itu akan ditekankan pada potensi Madura. Sehingga lulusan UTM akan memajukan madura,”

Dari empat orang pimpinan ini semuanya sepakat untuk mengangkat potensi lokal Madura dan memajukan Madura. Berangkat dari statemen inilah yang akhirnya mendorong pusat penelitian dan pengembangan konten lokal madura berbasis teknologi informasi dan komputer yang berada dibawah program studi teknik informatika memberanikan diri untuk memunculkan dan mempublikasikan beberapa penelitian terkait konten lokal madura yang sudah dihasilkan beberapa tahun tapi belum di manfaatkan sebagaimana mestinya.

Untuk memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan hasil karya penelitian dan inovasi, maka pulitbang konten local Madura berbasis TIK membuat sebuah website yang diberi nama Madura.web.id. dalam website ini, sudah ada empat aplikasi yaitu belajar bahasa Madura, terjemah bahasa Madura-Indonesia dan Indonesia-madura, text to speech bahasa Madura serta kamus bahasa madura disamping ada beberapa aplikasi lain yang sedang dalam proses pembuatan dan pengembangan.

text to speech madura1

 Aplikasi belajar bahasa Madura diperuntukkan bagi pengguna yang ingin belajar bahasa Madura. Aplikasi ini akan memandu penggunanya untuk belajar bahasa Madura dari awal pengenalan huruf dan cara membaca dan mengeja, sampai merangkai suku kata dan juga merangkai kata menjadi kalimat serta cara membacanya. Bagi pengguna yang sudah belajar dalam beberapa tahap diberikan quis untuk mengukur sejauh mana hasil proses pembelajarannya. Aplikasi ini telah mengantarkan salah satu kontributor utama penelitian ini  yaitu Pyepit Rinekso A, S.Kom menjadi mahasiswa lulusan terbaik fakultas teknik periode maret 2015.

Belajar Bahasa Madura1

 Aplikasi terjemah bahasa Madura telah dikembangkan beberapa tahun lalu, hanya baru dipublikasikan di 2015 ini. Dua kontributor dari aplikasi kedua yaitu rahilah S.Kom dan Andi Sholihin S.Kom merupakan alumni Teknik Informatika Universitas trunojoyo Madura yang lulus terbaik priode maret 2013. Aplikasi terjemah bahasa Madura ini mampu melakukan terjemah bahasa Madura ke bahasa Indonesia dan sebaliknya dari bahasa Indonesia ke bahasa Madura serta mampu melakukan terjemahan dalam tiga tingkatan bahasa yang ada dalam bahasa Madura yaitu enja’-iyah (kasar), enghi-enten (menengah), enghi-bhunten (halus). sampai saat ini aplikasi terjemah ini masih terus dikembangkan untuk mendapatkan hasil terjemahan yang lebih baik.

 kamus madura1

Text to speech bahasa Madura adalah aplikasi yang dapat merubah tulisan yang di berikan pengguna menjadi suara seperti pengucapan aslinya. Dengan aplikasi ini diharapkan pengguna akan semakin mengenal dan memahami bagaimana cara pengucapan kalimat dalam bahasa madura dan juga artinya dalam bahasa indonesia   

 Madura.web.id

sebagai penglengkap dihadirkan aplikasi kamus kata bahasa Madura. Kamus kata bahasa Madura ini dirangkum dari berbagai buku kamus bahasa Madura yang sudah terbit. Kehadiran kamus bahasa Madura berbasis web ini diharapkan dapat memudahkan siapa saja untuk dapat mengetahui arti kata dalam bahasa Madura.

 terjemah madura indonesia1

Koordinator kontributor dari Puslitbang konten lokal Madura berbasis TIK, yang juga dosen teknik informatika universitas trunojoyo Madura yaitu Firdaus Solihin, S.Kom., M.Kom menjelaskan bahwa kehadiran website Madura.web.id ditujukan untuk mendorong mahasiswa dan dosen memunculkan penelitian yang memiliki nilai inovasi dan juga memiliki nilai manfaat yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat. Dimana Hal ini sesuai dengan visi universitas trunojoyo Madura yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Pendidikan dan Riset”.  publikasikannya hasil penelitian dalam website Madura.web.id ini adalah juga merupakan sarana bagi peneliti untuk mendapatkan umpan balik, masukan, kritik dan juga saran dari masyarakat demi untuk proses perbaikan dan pengembangan aplikasi-aplikasi ini sehingga benar-benar bisa diambil manfaatnya sebesar-besarnya. Semoga keberadaan website ini bermanfaat.Madura.web.id: Sumbangsih Universitas Trunojoyo bagi Pengembangan Bahasa Madura.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id