PELATIHAN ANTI PLAGIASI

  • PDF

Pelatihan Anti Plagiasi bagi civitas akademika fakultas pertanian di laksanakan di ruang auditorium Universitas Trunojoyo Madura Pada tanggal 02 Juli 2012 sebagai pembicara : Diah Ariani Arimbi, Ph.D dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, Acara tersebut di buka oleh Dekan Fakultas Pertanian Drs. Kaswan Badami, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan pelatihan tersebut sangat penting bagi civitas akademika termasuk mahasiswa dalam menulis ( Makalah, buku, dsb ) tidak menggunakan kegiatan berupa ide, gambar, suara, atau ekspresi orang lain dalam menulis dan berkarya. 

 DSC0431

Menghindari Plagiasi bagi civitas akademika sangatlah penting baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja dalam kontek mengutip sebagian dan yang selebihnya diakui sebagai milik sendiri, mengubah beberapa kata dan mengkopi sebagian besa tanpa menyebut narasumber, memfrase tanpa menyebut narasumber, serta memfrase dengan tidak benar ( hampir mirip tulisan asli ) walaupun menyebutkan sumber dalam materi yang disampaikan oleh Pemateri yaitu Diah Arini Arimbi, Ph,D 

 DSC0434

Kemudian dalam materi yang disampaikan pemateri menyampaikan beberapa panduan sederhana menghindari plagiasi kepada para audien. Acara ini diikuti oleh kalangan civitas akademika kurang lebih 75 orang.

Share this post