Fakultas Ilmu Pendidikan

  • PDF

 

Sejarah

Perkembangan kehidupan masyarakat pada era global saat ini, menuntut perguruan tinggi untuk melakukan reorientasi reformasi dalam sistem pendidikan, keseimbangan dalam sosial. Hal itu merupakan bagian terpenting dari  perguruan tinggi sebagai lembaga pengajaran, pencipta pengetahuan dan penyedia yang berdaya guna dalam peningkatan kesejahteraan rakyat dan daya saing bangsa. Dengan demikian, berbagai Prodi harus berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya kepada masyarakat. Upaya yang harus dilakukan oleh UTM adalah menyeimbangkan pengembangan ilmu, baik eksakta, sosial, budaya, dan agama di dalam sistem pendidikan. Pengembangan berbagai Prodi eksakta telah membentuk fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Teknik (FT). Adapun pengembangan ilmu sosial dan budaya, telah dilakukan UTM melalui Prodi – Prodi dibawah fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Sosial Dan Budaya (FISIB).

Keberadaan lima Fakultas tersebut, masih dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat, khususnya Madura terhadap keberadaan UTM,. Berdasarkan hasil kunjungan dan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Madura beserta dengan para tokoh masyarakat, UTM perlu menumbuhkembangkan Prodi – Prodi yang mencetak tenaga pendidik (guru). Menindaklanjuti tuntutan tersebut, tahun 2009, UTM mengajukan ususlan dua Program Studi Kependidikan, yaitu : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Pend.IPA). Alhamdulilah, akhir tahun 2010 keluar izin penyelenggaraan PGSD dan pada tahun akademik 2011/2012 PGSD Telah Menerima mahasiswa baru sebanyak 140 dari 850 pendaftar. Melihat antusiasnya masyarakat, tahun 2012, UTM mengajukan lima pendirian Program Studi Baru yang mencetak tenaga pendidik (guru), yaitu Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia (PBSI), Pendidikan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Pend.IPA), Pendidikan Informatika (PI). semua prodi yang diajukan telah mendapat izin penyelenggaraan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.      

 

VISI

Unggul di Bidang Riset Ilmu Pendidikan dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Pada Tahun 2020.

MISI

  1. Melakukan riset di bidang pendidikan yang bermutu dengan mengedepankan proses, output, outcome.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis riset
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana keguruan dan ilmu pendidikan yang cerdas, mampu memahami dan menerapkan ilmu pendidikan serta mampu mengaplikasikan dalam pembelajaran.
  2. Menghasilkan sarjana keguruan dan pendidikan yang profesional dalam bidang ilmu pendidikan, berwawasan global, berkarakter dan bermartabat.
  3. Menghasilkan sarjana keguruan dan pendidikan yang mampu menciptakan dan menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  4. Menghasilkan sarjana keguruan dan pendidikan yang mampu melakukan penelitian dan memecahkan persoalan – persoalan pendidikan dan pembelajaran
  5. Menghasilkan karya penelitian yang bermanfaat bagi perkembangan keguruan, ilmu pendidikan dan pola pengembangan pendidikan dan pembelajaran.

 PROGRAM STUDI

 

  1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  2. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini
  3. Program Studi Pendidikan IPA
  4. Program Studi Pendidikan Informatika
  5. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

Situs: http://fkip.trunojoyo.ac.id/

Share this post