Seminar Scouting

  • PDF

 

Seminar Scouting

DSC 3779UKM gerakan Pramuka merupakan UKM baru yang belum lama ada di Universitas Trunojoyo di mana UKM ini baru di sahkan pada tahun 2011. Salah satu cara untuk memajukan UKM gerakan Pramuka agar dapat lebih di kenal yaitu dengan ikut serta dalam berbagai event baik regional maupun nasional. Tentunya selain itu, juga harus mngadakan suatu kegiatan yang bermanfaat bukan hanya bagi anggota UKM Gerakan Pramuka tetapi juga disekitarnya. Maka dari itu, UKM gerakan pramuka mengadakan sebuah seminar tentang kepramukaan dengan tema “Pengembangan Karakter Pemuda melalui kegiatan Pramuka di Perguruan Tinggi”

Pada tahun 2013, pemerintah membuat keputusan bahwa Pramuka diwajibkan mulai dari SD bahkan sampai PAUD. Adanya kegiatan seminar ini, selain untuk mengenalkan pramuka UTM lebih luas juga untk membantu membangkitkan serta memajukan kembali Pramuka khususnya di daerah kabupaten Bangkalan.

Kegiatan seminar ini merupakan Program Kerja dari UKM Gerakan Pramuka dan pertama kali diadakan. Maka dari itu, dalam mempersiapkan seminar ini seluruh anggota UKM gerakan Pramuka bahu membahu saling membantu untuk menyukseskan acara ini mulai dari menjaga kekompakan dan mempersiapkan tempat seminar yang terbaik sehingga nantinya membuat nyaman para peserta dan undangan. Kegiatan seminar yang bertempat di Auditorium UTM ini mendapat respon yang sangat baik karna banyaknya peserta yang mendaftar untuk ikut acara ini. Selain karna pemateri yang cukup di kenal di kalangan anggota pramuka, juga karna biaya pendaftaran yang murah dengan fasilitas yang mahal.

Dalam seminar ini, pemateri yang di undang merupakan seorang anggota pramuka dari KWARTIR DAERAH JAWA TIMUR. Seorang kakak yang memang telah berpengalaman di bidang pramuka yaitu Ir. Singgih Setyo Sayogo, MM. Selain itu, turut mengundang ketua dari Dewan Kerja Daerah Jawa Timur yaitu kak Miftakhul Khoiriyah, S.Ikom. Dari kota bangkalan sendiri, UKM gerakan pramuka mengundang wakil dari Kwartir Cabang Bangkalan yaitu kak Drs. H. Moh. Zaini, MM. Semua pemateri yang diundang merupakan pemateri yang telah lama berkecimpung di dunia kepramukaan dan tahu seluk beluk pramuka.

Peserta pada seminar ini yaitu seluruh anggota UKM Gerakan Pramuka, mahasiswa di UTM dan seluruh SMA di Kabupaten Bangkalan. Sedangakan sebagai undangan, turut mengundang seluruh ketua UKM seuniversitas dan beberapa perguruan tinggi di jawa timur. Sebagai tamu undangan kehormatan, UKM Gerakan Pramuka turut mengundang Rektor Universitas Trunojoyo Madura selaku Ketua Mabigus gugus depan 02.67-02.68, UKM Gerakan Pramuka dan tentunya juga Pembantu Rektor III selaku Ketua Harian gugus depan 02.67 – 02.68, UKM gerakan Pramuka UTM.

Dari semua undangan maupun peserta dapat dijumlah seluruhnya sebanyak 180 peserta. Kegiatan seminar ini dapat berjalan dengan baik dan dapat dikatakan sukses karna kerja keras teman-teman anggota pramuka. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat membantu membangkitkan kembali pramuka dan membuat nama UKM Gerakan Pramuka UTM menjadi lebih di kenal. Sebuah acungan jempol selalu ditujukan untuk UKM Gerakan Pramuka.

Motto dari gerakan Pramuka yang kaan selalu melekat di dada seluruh anggota Pramuka:

Satyaku kudharmakan, dharmaku baktikan.

Ikhlas bakti bina bangsa, berbudi bawa laksana.

 

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id