Olimpiade sains Tingkat SMP/MTs Se Madura Dalam Rangka Menggali dan Mengembangkan Potensi Generasi Saintis Madura

  • PDF

 

Olimpiade sains Tingkat SMP/MTs Se Madura Dalam Rangka Menggali dan Mengembangkan Potensi Generasi Saintis Madura

Juara Dosen dan Guru Pembimbing

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Trunojoyo Madura atau biasa disingkat dengan HIMAPIPA mengadakan Final olimpiade Sains Se-madura yang bertempat di gedung RKB E lantai 1 Universitas Trunojoyo Madura (Minggu, 04 Oktober 2015), acara ini di ikuti oleh 12 finalis dari 4 kabupaten di Madura yaitu: Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep dimana dari tiap kabupaten diwakili oleh 3 peserta yang telah lolos seleksi pada tahap awal yang diadakan pada tanggal 13 September 2014 di masing-masing Kabupaten.

Kegiatan Olimpiade Sains se-Madura yang di singkat dengan nama Chromosom (Chalenge Road At Moment Science Olympiad) merupakan kegiatan pertama kali yang diadakan program studi pendidikan IPA bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA. Antusias pendaftar terhadap kegiatan ini luar biasa, berdasarkan ketua kegiatan Chromosom, Afifah Tsaliatul Alfiyah, memengatakan bahwa target pendaftar yang awalnya 250 peserta melonjak menjadi 370 peserta.

Badrud Tamam, S.Si, M.Pd. selaku kajur program studi pendidikan IPA mengatakan “Olimpiade Sains se-Madura merupakan salah satu cara untuk menggali potensi yang ada di pulau Madura. Harapan kedepannya kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan untuk membangun budaya kompetisi yang sehat sehingga didapatkan bibit-bibit unggul generasi sainstis di pulau Madura” .Hal ini juga senada dengan tema kegiatan olimpiade sains se-Madura yaitu “Aktualisasi Potensi Generasi Madura Menuju Indonesia Emas”. Bukan hanya dukungan dari program studi Pendidikan IPA, untuk mewujudkan generasi sainstis di pulau Madura juga mendapat sambutan dan dukungan dari beberapa pihak, diantaranya adalah dukungan dari sekolah-sekolah SMP/MTs di pulau Madura, pusat bimbingan belajar “Ganesha Operation” yang notabene merupakan pusat bimbel terbesar dan terbaik saat ini di Indonesia dan beberapa sponsor lainnya yang sangat mendukung kegiatan ini.

PENILAIAN PRAKTIKUM 2Rangkaian acara kegiatan semifinal dan final olimpiade sains se-Madura di awali dengan kegiatan Praktikum IPA. Penialain kegiatan olimpiade sains ini tidak hanya menekankan pada kemampuan kognitif siswa tetapi juga kemampuan psikomotorik dan afektif siswa. Kegiatan semifinalis ini akan menyisihkan 3 finalis dari 12 finalis yang akan melanjutkan babak final dengan sesi cerdas cermat. Para finalis terlihat sangat serius dalam melakukan praktikum sehingga sangat antusias ketika melakukan presentasi, dengan cakap mereka mempresentasikan hasil dari praktikum yang telah mereka lakukan, mulai dari menyebutkan alat dan bahan praktikum hingga menarik sebuah kesimpulan dari kegiatan praktikum yang dilakukan.

Babak final Chalenge Road At Moment Science Olympiad dimenangkan oleh Wildan Darma dari SMPN 2 Bangkalan, disusul Alya Febriana dari SMPN 2 Pamekasan sebagai juara II dan Rafif Ikbar dari SMPN 2 Bangkalan sebagai juara III. Ketiga pemenang mendapatkan Piala, hadiah uang tunai dari HIMAPIPA, uang pembinaan dari prodi Pendidikan IPA dan bonus uang bimbinganbelajar dari Ganesha Operation.

 

 

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id