Membangun Jiwa Kepemimpinan, Keorganisasian dan Kekeluargaan Melalui Organization Training

  • PDF

 

Membangun Jiwa Kepemimpinan, Keorganisasian dan Kekeluargaan Melalui Organization Training


            Minggu (03 April 2016) UKM FP Penalaran mengadakan kegiatann Organization Training yang dilaksanakan di gedung RKB B Universitas Trunojoyo Madura. Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus UKM FP Penalaran, DPO dan Ibu Umi Purwandari.

            Tujuan diselenggarakannya kegiatan Organization Training (OT) adalah agar semua pengurus UKM FP Penalaranmampu membentuk kepribadian yang kuat dan berkarakter, membuka wawasan untuk lebih berpikir kreatif dan kritis dalam membaca situasi terkini di masyarakat. Selain itu bertujuan juga untuk mengetahui manajemen waktu dan resiko berorganisasi dengan baik.

Organization Training merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan UKM FP Penalaran setiap periode. Kegiatan ini mengangkat tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan, Keorganisasian dan Kekeluargaan Melalui kegiatan Organization Training”. Acara diawali dengan laporan ketua pelaksana, sambutan ketua umum UKM FP Penalaran dan Ibu Umi Purwandari selaku pembina UKM FP Penalaran yang sekaligus membuka acara Organization Training. Setelah acara resmi dibuka dilanjutkan dengan materi tentang organisasi yang diberikan oleh saudara Muhammad Ja’far Shodiq. Banyak ilmu yang dapat petik dari materi yang disampaikan.

Acara selanjutnya penyampaian program kerja dari masing-masing divisi. Dimulai dari Pengurus Harian, divisi Pengembangan organisasi (PO), divisi Program Kerja Mahasiswa (PKM), divisi Sumber Daya Manusia (SDM), divisi Kewirausahaan, divisi Infokom dan yang terakhir dari divisi English. Dalam kegiatan ini juga masing-masing divisi mengusulkan program kerja kemudian disetujuai oleh seluruh peserta yang hadir. Setelah penyampaian dan persetujuan atas program kerja yang disampaikan semua peserta Organization Training dipersilahkan untuk Sholat, istirahat dan makan.

Pukul 13.00 seluruh peserta Organization Training kembali memasuki ruangan untuk melanjutkan kegiatan. Siang itu menjadi hari yang sangat ditunggu-tunggu karena UKM FP Penalaran Universitas Trunojoyo Madura mendapatkan kunjungan dari tamu yang luar biasa, mereka adalah teman-teman dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM). MITI KM. MITI KM adalah lembaga yang bergerak di bidang penalaran dan penelitian yang menjadi wadah bagi UKM penalaran dan penelitian di universitas se Indonesia. Lembaga ini kemudian menjadi salah satu lembaga yang mampu mempertemukan teman-teman penalaran dari Sabang sampai Merauke, baik yang di dalam negeri maupun yang di luar negeri. Bahkan MITI KM kemudian menjadi salah satu sarana bagi teman-teman yang ingin melanjutkan study ke luar negeri.

Adithya selaku koordinator MITI KM untuk daerah Jabalnusra (Jawa, Bali, Nusa Tenggara). Dia menjelaskan bahwa MITI KM juga memiliki beberapa program kerja layaknya UKM Penalaran dan Penelitian di Universitas-universitas pada umumnya. Dia juga menjelaskan bahwa MITI KM sendiri selain sebagai wadah bagi UKM Penalaran se Indonesia, lembaga ini juga memfasilitasi UKM-UKM dari Universitas yang sudah bermitra dengan MITI KM tersebut dalam menjalankan berbagai kegiatan. Salah satu agenda dari MITI KM adalah Temwil (Temu Wilayah) yang nantinya akan mengumpulkan teman-teman Penalaran dan Penelitian dari Sabang sampai Merauke.

Outbond merupakan dalam acara penutup Organization Training yang dilakssanakan di halaman belakan RKB B. Beberapa game diberikan kepada peserta Organization Training untuk menanamkan rasa kekompakan dan kekeluargaan antar pengurus. Banyak game seru pada outbond sore itu. Semua peserta kompak berusaha untuk memenangkan semua game, tidak perduli basah dan kotor-kotoran.

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id