“JUMP ART’’ Program Pelatihan Pembuatan Batik Jumputan Sebagai Sarana Melatih Kemandirian Siswa SMPLB Samudra Lavender Bangkalan Dalam Rangka Mencetak Entrepreneur Muda.

  • PDF

 

“JUMP ART’’ Program Pelatihan Pembuatan Batik Jumputan Sebagai Sarana Melatih Kemandirian Siswa SMPLB Samudra Lavender Bangkalan Dalam Rangka Mencetak Entrepreneur Muda.

IMG 1012

Sabtu (30/4 ) mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan pelatihan pembuatan batik jumpatan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Samudra Lavender (SL). Kegiatan ini merupakan lanjutan dari usulan Program Kreativitas Mahasiswa di bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-M). Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada siswa SMPLB SL supaya menjadi bekal ketika lulus agar tidak bergantung kepada orang lain.

Untuk mencapai target, pelatihan ini dilakukan secara bertahap. Persiapan pelatihan batik jumputan dimulai pada bulan Februari hingga Juni. Tahapan acara pelatihan meliputi sosialisasi, launching program, serta pelatihan batik jumputan yang meliputi pembuatan batik hingga proses agribisnis.

”Sejak mendapat pengumuman didanai pada bulan Februari, kami langsung mengumpulkan bahan baku untuk pembuatan batik jumputan. Kemudian sosialisasi kepada anggota pada bulan Maret. Launching program dan pelatihan pembuatan batik dilakukan pada bulan april. Kemudian pelatihan agribisnis dilakukan pada bulan Mei. Dan monitoring evaluasi dilakukan pada bulan Mei hingga Juni” ujar Marischa selaku Ketua tim PKM.

Pelatihan ini berjalan dengan lancar. Siswa SMPLB SL sangat antusias dan senang mengikuti pelatihan pembuatan batik jumputan. Sehingga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak diantaranya Kepala Sekolah SMPLB Samudra Lavender dan wali murid.

”Pelatihan ini diharapkan dapat menjadikan ketrampilan bagi siswa SMPLB SL dan menjadikan usaha bagi mereka ketika lulus” ujar salah satu guru SMPLB SL.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id