EXPLORING MADURA TOURISM

  • PDF

 

EXPLORING MADURA TOURISM

IMG 8358

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kembali mengadakan MICE ( Meeting, Incentive, Convention, Exhibition ). Tema yang diangkat pada MICE tahun ini yaitu Exploring Madura Tourism, atau yang di singkat Exmato. Acara ini diselenggarakan di gedung Dyandra Convention Center, surabaya, pada tanggal 18 juni 2016.

MICE kali ini digadang-gadang event terbesar se-madura karena melibatkan seratus lebih pelaku pariwisata Madura, mulai dari agen travel, pemilik usaha kuliner, penyedia hotel, hingga para seniman dan Dinas pariwisata di empat kabupaten di Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep). Sebagai narasumber ahli akan diundang pula ketua Asprim (Asosiasi Pelaku Pariwiata Madura), Rektor UTM Muh. Syarif, Budayawan Madura A. Latif Wiyata, serta Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur. Keempat narasumber inilah yang akan mengawal diskusi ilmiah tentang “Pengembangan Pariwisata Madura”.

Acara MICE diawali dengan kegiatan incentive alias berwisata gratis yang di tujuhkan bagi seratus peserta undangan. Destinasi incentive ini antara lain wisata sejarah Museum Bangkalan, pusat kerajinan tangan Madura, Tresna Art. Perjalanan wisata gratis ini ditujukan sebagai bekal pengetahuan para peserta, sehingga talkshow yang digelar setelah incentive dapat berjalan lebih interaktif.

Acara semakin meriah dengan dibukanya pemeran produk-produk budaya madura, seperti makanan khas, kerajinan tangan, hingga fashion show pakaian khas Madura. Tidak hanya itu, para peserta akan di hibur oleh live performance dari ITS Jazz, serta penampilan atraktif dari paguyupan seni asli Madura, Karawitan Sanggar Paseban.

Secara keseluruhan rangkaian acara MICE Exmato ditujukan sebagai media eksplorasi potensi Madura, khususnya dalam bidang pariwisata. Lewat diskusi ilmiah dalam acara meeting and conference, diharapkan mampu menemukan solusi alternatif dalam pengembangan wisata Madura. Sementara melalui acara exhibition and incentive, masyarakat umum diharapkan merasakan pengalaman sensasi wisata Madura secara langsung tanpa adanya biaya.

Dalam jangka panjang, acara MICE Exmato berperan dalam memberdayakan masyarakat Madura untuk tetap melestarikan budaya dan memajukan pariwisata yang ada. Sehingga kondisi ekonomi masyarakat dapat terangkat lebih baik, dan steotip buruk tentang Madura sedikit demi sedikit tergantikan oleh prestasi wisatanya yang arif.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id