Dies Natalis UKM-FP Penalaran

  • PDF

 

Dies Natalis UKM-FP Penalaran

SAM 8034

Dalam rangka memeriahkan acara dies natalis yang ke-VII, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Pertanian Penalaran (UKM-FP Penalaran) mengadakan beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain adalah Penalaran Cinta Lingkungan (PENCIL), Seminar Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Workshop Design Poster, Penalaran Article Contest (PAC), dan Lomba Inovasi Pangan Lokal Nasional (IPLN).

Tema dari acara diesnatalis kali ini adalah “Sinergi dalam Harmoni, Berkarya Membangun Kejayaan Bangsa Melalui Kearifan Lokal Indonesia. Rangkaian acara-acara tersebut dimulai dari tanggal 27 November 2016 dan di tutup pada Malam Puncak Dies Natalis tanggal 4 Desember 2016.

Kegiatan pertama dari rangkaian Dies Natalis UKMF Penalaran adalah Penalaran Cinta Lingkungan (PENCIL), acara tersebut diselenggarakan dengan penanaman bunga di depan Gedung Ruang Kuliah Bersama B (RKB B). Sebelum dimulai, acara dibuka dengan olahraga bersama dan senam pagi, acara tersebut diikuti oleh seluruh anggota UKM-FP Penalaran mulai dari pengurus anggota anggota baru.

Acara kedua dilanjutkan dengan Seminar Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2016 bertempat di aula gedung RKB D. Tujuan dilaksanakan seminar HKI tersebut ialah sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan kepada publik khususnya mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura agar ketika memiliki sebuah karya mendapatkan pengakuan sehingga tidak ada pihak-pihak tertentu yang mengklaimnya.

Acara seminar HKI tersebut dimulai pukul 14.00 dan berakhir pada pukul 16.30. Pemateri seminar HKI menghadirkan Ibu Djulaeka selaku ketua komunitas HKI dan Dr. Umi Purwandari sebagai pemateri. Acara sangat membuat peserta antusias sehingga banyak pertanyaan dari peserta mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan HKI, acara kemudian ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari panitia kepada pemateri.

DSC06329

Setelah seminar HKI, acarapun dilanjukan dengan Workshop Design Poster pada tanggal 3 Desember 2016. Acara Workshop Design Poster tersebut bertempat di gedung Auditoriun Universitas Trunojoyo Madura yang diikuti oleh seluruh anggota UKM-FP Penalaran.

Acara Workshop Design Poster menghadirkan M. Anang Setiawan, S. Kom sebagai pemateri, tujuan diselenggarakannya acara Workshop Design Poster tersebut agar seluruh peserta dapat membuat karya design yang menarik dan yang pasti original. Acara Workshop Design Poster tersebut semakin menarik karena peserta bias langsung mempraktekkan materi yang disampaikan langsung oleh pemateri.

Setelah acara Workshop Design Poster rentetan Dies Natalis UKM-FP Penalaran tersebut dilanjutkan dengan kompetisi Penalaran Article Contest (PAC) dan Inovasi Pangan Lokal Nasional (IPLN) yang dilaksanakan di gedung Auditorium Universitas Trunoojoyo Madura. Acara PAC dilakanakan pada hari Jum’at tanggal 3 Desember 2016 dan IPLN dilaksanakan pada hari Sabtu tnggal 4 Desember 2016.

Acara PAC diikuti seluruh anggota baru UKM-FP Penalaran karena acara PAC tersebut merupakan lanjutan dari fieldtrip yang dilaksanakan untuk anggota baru pada saat kegiatan Orientasi Anggota Baru Penalaran (OABP). Acara PAC dilaksanakan bertujuan untuk menguji peserta yang merupakan anggota baru bagaimana dapat mengambil masalah-masalah dan memberi solusi pada masalah tersebut kemudian dijadikan artikel dan mempresentasikannya di depan dewan juri. Dari keseluruhan artikel yang ditulis oleh para peserta, 10 artikel terbaik berhasil ditulis oleh peserta dan da kemudian mempresentasikannya. Ibu Dr. Umi Purwandari yang juga merupakan pembina dari UKM-FP Penalaran dan Bapak Slamet Supriadi menjadi juri dalam acara PAC tersebut.

Rentetan cara Dies Natalis UKM-FP Penalaran setelah acara PAC dilanjutkan dengan acara presentasi IPLN pada hari sabtu tnggal 4 Desember 2016. Acara dibuka dengan sambutan ketua umum UKM-FP Penalaran kemudian langsung dilanjutkan dengan presentasi dari 10 besar finalis yang telah diseleksi sebelumnya. Selain menyiapkan presentasi, masing-masing kelompok juga menyiapkan produk inovasinya.

Produk tersebut disajikan kepada dewan juri untuk dilakukan penilaian, juri dalam lomba IPLN tersebut adalah Ibu Dr. Umi Purwandari dan Bapak Mojiono. Banyak inovasi yang dibuat oleh setiap peserta untuk menjadikan pangan lokal menjadi sebuah produk yang lebih bernilai. Jenis-jenis bahan yang digunakan juga bermacam-macam, mulai dari singkong, jagung, ubi dan lain-lain. Seluruh finalis berlomba untuk menampilkan yang terbaik, dewan juri juga memberikan banyak komentar dan masukan untuk produk yang dilombakan. Acara ditutup dengan foto bersama finalis dan dewan juri. Sebelum ditutup, dilakukan penyerahan cindera mata kepada dewan juri oleh ketua umum UKM-FP Penalaran dan ketua pelaksana Dies Natalis UKM-FP Penalaran.

SAM 8023

Penutupan acara Dies Natalis UKM-FP Penalaran yang diselenggarakan di gedung auditorium Universitas Trunojoyo Madura pada minggu 4 Desember 2016. Acara malam puncak penutupan tersebut tidak hanya diikuti oleh anggota baru dan pengurus, namun senior dan alumni turut hadir untuk memeriahkan malam puncak penutupan Dies Natalis UKM-FP Penalaran. Selain itu, finalis dari lomba PAC dan IPLN juga hadir karena juara dari masing-masing lomba diumumkan pada malam puncak sekaligus penyerahan hadian berupa thropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Acara malam puncak dibuka oleh Bapak Mojiono selaku alumni dan pemrakarsa UKM-FP Penalaran. Pembukaan disimbolkan dengan pemotongan kue dan tiupan lilin. Setelah acara dibuka dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah juara PAC dan IPLN. Masing-masing divisi menampilkan hiburan untuk menambah kemeriahan acara malam itu. Tidak ketinggalan untuk acara tukar kado. Masing-masing yang hadir mambawa kado untuk ditukarkan dengan anggota lain untuk menambah keakraban. Acara ditutup dengan foto bersama.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id