WORKSHOP METODOLOGI PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA

  • PDF

 WORKSHOP METODOLOGI PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA 

 

 PENDAHULUAN

Penelitian merupakan sebuah tindakan untuk mengetahui sesuatu hal yang dilandasi dengan konsep-konsep yang relevan. Penelitian sangat penting guna menunjang kemajuan dari sebuah peradaban, sehingga peran dari seorang peneliti sangatlah diharapkan.

 

Isu-isu kontemporer tentang “kebahasaan dan kesastraan” dewasa ini membuat banyak orang termotivasi untuk menelitinya. Sayangnya meskipun banyak orang tertarik, namun tidak banyak orang yang memahami secara benar cara melakukan penelitian tersebut, atau dalam hal ini adalah mengetahui, memahami dan menerapkan metodologi penelitian dalam berbagai fenomena kebahasaan dan kesasteraan yang memotivasi mereka untuk meneliti.

Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura akan menyelenggarakan “Workshop Metode Penelitian Bahasa dan Sastra” dengantema Kiat-kiat Sukses Menaklukkan Penelitian Bahasa dan Sastra.” Acara ini direncanakan digelar setengah hari (dapat menjadi sehari dengan pertimbangan) dan diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang besar bagi para pencinta bahasa dan sastra atau bagi mereka yang sedang merencanakan penelitian bahasa dan sastra.

Sebagai pembicara dalam workshop ini adalah Dr. Sudaryanto  (Penulis Buku “Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa)

 

LANDASAN PEMIKIRAN

  1. Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan atau Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian terhadap Masyarakat.
  2. Program Kerja Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura tahun 2013

TUJUAN KEGIATAN

 

  1. Memasyarakatkan Penelitian Bahasa dan Sastra
  2. Menjadikan penelitian Bahasa dan Sastra sebagai salah satu hal yang menarik, mengasyikkan, dan banyak diminati oleh berbagai kalangan, yaitu mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat umum.
  3. Meningkatkan kemampuan guru, dosen, dan masyarakat umum dalam membuat proposal yang berkualitas
  4. Mendorong penelitian bahasa dan sastra yang berimplikasi pada peningkatan jumlah publikasi ilmiah hasil penelitian bahasa dan sastra

SASARAN KEGIATAN

  1. Guru
  2. Dosen
  3. Masyarakat umum
  4. Peneliti

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Hari/Tanggal :  Selasa, 8 Oktober 2013

Waktu             :  08.00-13.00

Tempat          :  Ruang Rapat Lt.2 Wing Timur Gedung Rektorat Terpadu UTM

SUSUNAN ACARA (Tentative)

WaktuKegiatan
07.30 – 08.00Registrasi Peserta
08.00 – 08.15
  1. Pembukaan
  2. Pengantar
08.15 – 11.30Materi

Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa dan Sastra oleh Dr. Sudaryanto

11.30– 13.00Workshop Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa dan Sastra oleh Dr. Sudaryanto
13.00-13.15PENUTUP
13.15 – selesaiSHOMA+Konsultasi Proposal (jika memungkinkan)

PENDAFTARAN, KONTRIBUSI PESERTA DAN FASILITAS WORKSHOP

 

Bagi yang berminat mengikuti kegiatan ini dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online dengan cara mengirim e-mail ke:  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya , atau kirim SMS ke085230002942. Peserta yang mendaftar dikenakan biaya Rp. 100.000, yang nantinya diperuntukkan untuk fasilitas snack, makan siang, seminar kit dan sertifikat. Dana bisa ditransfer ke rekening BRI No. 0872-01-006316-50-5 a.n. Salim Anshori atau dapat langsung membayar di lokasi. Seat terbatas, hanya untuk 30 orang.

PERLENGKAPAN YANG DIBAWA

Jika memungkinkan peserta membawa draft proposal penelitian, utamanya bab III (Metodologi Penelitian)
Judul dan tujuan penelitian yang menjadi minat, harap di konfirmasikan terlebih dahulu kepada panitia.

SEKILAS TENTANG Dr. SUDARYANTO

Sebagai lulusan Fakultas Sastra dan Kebudayaan, UGM, Sudaryanto mengajar di fakultas yang sama. Ia menjadi dosen S-1 untuk mata kuliah Pengantar Linguistik, Seminar Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Teknik Penulisan Ilmiah  (1970—1998) serta dosen S-2 di PPs (program pasca) UGM, Program Studi Sastra Indonesia dan Jawa, untuk mata kuliah Metode Linguistik dan Deskripsi Bahasa (1981—1998). Selain mengajar di Fakultas Sastra, UGM, Sudaryanto juga aktif mengajar di berbagai perguruan tinggi, antara lain, sebagai dosen S-2 dan S-3 di PPs UNS, Surakarta, Program Studi Linguistik, untuk mata kuliah Metode Linguistik, Teori Linguistik, Tipologi dan Kesemestaan Bahasa, dan Kapita Selekta (1999—2012),  dosen S-2 di PPs Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Program Studi Ilmu Religi dan Budaya, untuk mata kuliah Semiotika (2000—2003), dosen S-2 di PPs Unnes, Semarang, Program Studi Pendidikan Bahasa, untuk mata kuliah Teori Linguistik dan Metode Penelitian Bahasa (2003—2007), dosen S-2 di PPs Undip, Semarang, Program Studi Linguistik, untuk mata kuliah Teori Linguistik dan Semiotik (2005—2012), dosen S-2 di PPs Unwidha, Klaten, Program Studi Pendidikan Bahasa, untuk mata kuliah Filsafat Ilmu, Semiotika, Teori Linguistik, dan Seminar Ilmiah, (2006). Selain itu, ia menjadi pembimbing peserta Program Doktor Unnes, Semarang, (2006).

Banyak jabatan yang ia sandang dalam aktivitas tersebut. Beberapa, di antaranya, adalah Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa, PPs Unwidha, Klaten, (2006—sekarang), Ketua Lembaga Kajian Budaya Jawa, Sinode GKJ Salatiga, (2006—sekarang), editor pakar jurnalBahasa, PPs UNS, Surakarta, (2001—sekarang), staf ahli majalah Transformatika, Universitas Tidar Magelang, Magelang, (1995), staf ahli majalah Linguistika, Universitas Udayana, Denpasar, (1997), Ketua Yayasan Pembina Dosen Bahasa dan Sastra Ekalawya, Magelang, (1990), Ketua II Yayasan Studi Bahasa Jawa Kanthil, Semarang, (1992),  Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan UKS, Surakarta, (1998—2001), Ketua Yayasan PTK Dutawacana, Yogyakarta, (1990—1996), Ketua Pengarah Kongres Bahasa Jawa I, Semarang, Jateng, (1990—1991), anggota Panitia Pengarah Kongres Bahasa Jawa II, Malang, Jatim, (1995—1996), Ketua Panitia Pengarah Kongres Bahasa Jawa III, Yogyakarta, DIY, (2000—2001),. Ketua Kelompok Tenaga Teknis Badan Pekerja Kongres (BPK) Bahasa Jawa, Dinas Kebudayaan, Pemda Tk. I, Provinsi DIY, Yogyakarta, (1998—2001), anggota Panitia Pengarah Kongres Bahasa Jawa IV, Semarang, (2005—2006), Panitia Pengarah Kongres Bahasa Jawa V, Surabaya, (2010—2011), Ketua Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI), Komisariat UGM, Yogyakarta, (1975—1993) dan Penasihat PIBSI I—XXXIV antar-PT se-Jateng DIY, (1979—2012).  Selain itu, ia juga pernah menduduki jabatan struktural, yaitu Ketua Jurusan Sastra Prancis, Fakultas Sastra dan Kebudayaan,  UGM, Yogyakarta, (1983—1986) dan Kepala Balai Penelitian Bahasa Yogyakarta (1987—1991).

Dari berbagai identitas yang dapat disandangkan pada sosok Sudaryanto, satu yang sangat menonjol, yaitu semangat keilmuwanannya. Semangat itu dibuktikan dengan puluhan karya yang dihasilkan, baik dalam bentuk buku, artikel, makalah, maupun kertas kerja. Karyanya itu berupa karya pribadi dan karya tim. Sebagian merupakan hasil penggalian; sebagian merupakan terjemahan; sebagian yang lain merupakan pengkritisan atas pendapat dan teori yang ada. Kutipan khas Sudaryanto: “Jadi, sekali lagi: carilah sungguh-sungguh; pasti Anda tidak akan kekurangan ide. Anda akan kaya dengan gagasan-gagasan. Anda akan berkelimpahan dengan konsep. … Dengan mencari, Anda akan mendapatkan. Jangan patah. Dengan sungguh-sungguh mencari, pasti Anda akhirnya menemukan, yakinlah!”

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id