UTM Delegasikan 25 Mahasiswa Pada MTQ Mahasiswa Nasional XV 2017

  • PDF

 

UTM Delegasikan 25 Mahasiswa Pada MTQ Mahasiswa Nasional XV 2017

 IMG 9468

           

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang menjadi tuan rumah pada perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) Regional IV Jawa Timur 2016 dan menjadi juara umum ke-2, mendelegasikan sebanyak 25 mahasiswa-mahasiswi untuk mengikuti perhelatan akbar Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQ MN) ke-XV 2017 yang bertempat di UB dan UM pada 28 Juli-04 Agustus 2017.

MTQ MN Ke-XV 2017 yang mengangkat tema “Melalui MTQ Mahasiswa Nasional XV pada 2017, kita integritaskan intelektualitas dan spiritualitas untuk mencetak calon pemimpin Indonesia yang cerdas dan bermoral demi mewujudkan baldatun thayyibatun waghabbun ghafur” tersebut diikuti sebanyak 152 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia dengan jumlah peserta 2.447. Jumlah tersebut tercatat sebagai peserta terbanyak sepanjang sejarah perhelatan MTQ Nasional Mahasiswa.

Sebanyak 13 cabang lomba dipertandingkan dalam perhelatan MTQ MN Ke-XI 2017, diantaranya adalah Tilawatil Qur’an, Tartilul Qur’an, Hifzil Qur’an 5, 10, dan 30 Juz, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Khaththil Qur’an, Karya Tulis Ilmiyah Al-Qur’an, Debat Kandungan Al-Qur’an dengan Bahasa Arab, Debat Kandungan Al-Qur’an dengan Bahasa Inggris, dan Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an.

Pembukaan MTQ MN Ke-XI 2017 yang dimeriahkan oleh artis penyanyi religi Aunur Rofiq Lil Firdaus atau Opick dan beberapa pertunjukan tarian tradisional tersebut di hadiri juga Mentri ristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Dr. Didin Wahidin, M. Pd, Gubernur Jatim, Walikota Malang, Bupati Malang, Kedutaan Arab Saudi, Civitas Akademika UB dan UM, dan Seluruh Kafilah MTQMN.

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S. mengawali laporannya dengan menyapa dan menyampaikan selamat datang kepada Mentri ristekdikti, seluruh undangan dan kafilah yang hadir. Beliau menyampaikan bahwa diselenggarakannya MTQMN XV 2017 tersebut dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup bagi manusia. Selain itu MTQMN XV 2017 bertujuan juga untuk meningkatkan syiar ukhwah islamiyah antar perguruan tinggi se-Indonesia serta melestarikan seni dan budaya qur’ani bangsa Indonesia. Ungkapnya

Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S. juga mengimbuhkan bahwa kafilah dan perserta yang berpartisipasi dalam MTQMN XV 2017 tersebut tercatat menjadi terbesar dan terbanyak sepanjang sejarah selama pelaksanaan MTQMN. Selain itu, untuk menyambut MTQMN XV 2017 juga dilaksanakan hataman atau khotmil Qur’an selama 7 x 24 jam nonstop yang menjadi pemecah rekor muri dengan harapan dapat memberikan nilai keberkahan MTQMN kali ini. Terangnya

Sementara itu, Menristekdikti, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak, yang membuka acara MTQMN XV 2017 tersebut dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada civitas akademika UB dan UM karena telah menyiapkan acara dengan baik sehingga mengundang antusiasme para kafilah diseluruh tanah air. Beliau juga berharap dengan adanya MTQMN dapat membumikan Al-Qur’an di kampus-kampus sehingga mampu meningkatkan generasi bangsa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak, juga berharap melalui MTQMN mampu mengejawantahkan isi al qur’an dalam memberikan kemanfaatan pada bangsa Indonesia sebagai wujud kecintaan tanah air, sehingga MTQMN juga sebagai ajang silaturrahim, taaruf dan pertemanan sehingga tercipta rasa persaudaraan. Unkapnya

Mengakhiri sambutannya, Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak, secara langsung menabuh beduk sebagai tanda dimulainya acara MTQMN XV 2017 yang berlokasi di UB dan UM tersebut. Penyerahan Piala kepada Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd juga diserahkan langsung oleh Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak, sebagai peraih Juara Umum MTQMN sebelumnya.

Hadirnya Kedutaan Arab Saudi yang diwakili oleh Syaikh Saad bin Hasan dalam pembukaan acara MTQMN XV 2017 tersebut mendapatkan berkah dengan diberikannya hadiah sebanyak 5000 Al-Qur’an dan paket Haji khusus pagi 2 juara dan 1 paket haji khusus bagi salah satu pimpinan UB dan UM. Acara pembukaan tersebut di tutup dengan doa oleh perwakilan MUI Kabupaten Malang.

UTM yang mendelegasikan sebanyak 25 mahasiswa mengikuti 12 kategori perlombaan beberapa berhasil melaju sampai ke perempat final dan semifinal. “Kami bersyukur dengan persiapan yang tidak begitu lama hanya berkisar 3 hari kami terbentuk tim, dan rata-rata kami peserta baru tapi beberapa kategori perlombaan sudah sampai melaju ke perempat final dan semifinal ini sudah baik menurut kami” ujar salah satu delegasi. Sementara itu ntuk memberikan dukungan dan memotivasi peserta delegasi, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan H. Boedi Mustiko, SH.,M. Hum, bersama Biro Administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan Supriyanto, SE juga hadir langsung dalam pelaksanaan MTQMN XV 2017 tersebut.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan