UTM Adakan Kulia Tamu dan MoU dengan LSP AF

  • PDF

 

UTM Adakan Kulia Tamu dan MoU dengan LSP AF

 IMG 6074

Sebagai wujud komitemen Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dalam rangka melahirkan lulusan yang memiliki kompentensi hingga dapat bersaing dipentas dunia kerja terus digenjot, hal tersebut dilakukan sebagai tanggungjawab UTM sebagai institusi pendidikan tinggi yang tidak hanya melahirkan lulusan yang cerdas tapi juga memiliki kompetensi. Upaya menyiapkan mahasiswa yang memiliki kompetensi dilakukan UTM melalui sertifikasi profesi yang digagas oleh Program studi akuntansi yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Sebagai salah satu langkah awal menerapkan program tersebut, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menyelenggarakan Kuliah Tamu yang mengangkat tema “Fraud dan Audit Forensik di Sektor Publik” dan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Auditor Forensik (LSP AF) pada 16/11/2017.

Bertempat di Graha Utama lantai 5, Kuliah Tamu yang mengahdirkan langsung Ketua LPS AF Drs. Ubaedi, Ak., CA., CfrA, dan Kepala Bidang Sertifikasi LPS AF Mulia Ardi, SE., Ak., MM., diikuti sekitar 40 peserta yang terdiri dari perwakilan mahasiswa S1 dan S2 serta para dosen Program Studi Akuntansi.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Drs. Pribanus Wantara, M.M., dalam salah satu isi sambutannya menyampaikan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis khusunya pada Prodi Akuntansi berencana akan membuka Tempat Uji Kompetensi (TUK) sehingga nantinya FEB bisa mengadakan sertifikasi sendiri yang di dampingi langsung LSP AF.

“kita juga ingin para dosen mendapatkan/ikut sertifikasi sehingga para dosen akuntansi bisa segera asesor sehingga tidak menggantungkan diri pada LSP. Disamping itu, kita ingin memberikan kesempatan kepada para dosen untuk mengasesment di FEB khususnya pada prodi Akuntansi”. Tuturnya

Sementara itu, Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si., yang membuka acara tersebut mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada LSP AF telah bersedia hadir dan menajlin kerjasama baik. Lebih lanjut Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si., memaparkan bahwa kedepan sertifikasi menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh lulusan khususnya di UTM yang merupakan salah satu program terencana sejak tahun 2016 yang lalu sebagai bentuk dari kualitas dari kompetensi lulusan.

Menurutnya, UTM sebagai lembaga pendidikan tinggi sudah seharusnya memiliki sertifikasi profesi untuk menguatkan kompetensi di masing-masing bidang pada program studi yang ada di UTM sehingga dari program tersebut akan lahir lulusan yang memiliki kompetensi yang juga bisa dikembangkan.

“Saya mohon kepada bapak untuk temen-temen kami para dosen juga menjadi asesor sehingga dapat mempercepat proses sertifikasi ini, dan ini juga sudah kami tetapkan kepada semua program studi untuk segera merealisasikan ini, sebagai lembaga pendidikan tinggi kampus ini harus ada kompetensi di masing-masing bidang agar melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi dan bisa dikembangkan. Dan ini menjadi bagian yang harus dilakakan, karena memang ini dibutuhkan lulusan kami sebagai bentuk kualitas dari kompetensinya”. Pintanya

Sebagai komitmen UTM untuk mengembangkan sertifikasi profesi di prodi-prodi yang lain maka standarisasi atau sertifikasi menjadi bagian dari kebutuhan yang sangat penting. ia juga berharap acara tersebut menjadi awal kerjasama yang baik dalam rangka untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan lulusan UTM nantinya.

“Karena sertifikasi kompetensi tentu melekat di ijazah harusnya, sehingga ini harus direalisasikan, dan Alhamdulillah pada kesempatan pagi ini kita dapat melaksanakannya dalam bentuk MoU, dan ini hal yang sangat luara biasa sehingga nantinya menjadi bagian kompetensi dari lulusan khususnya dari mashasiswa S1 dan S2 Prodi Akuntansi dan prodi-prodi yang lain sebagaimana tadi disampaikan bahwa sebagai tindak lanjutnya nanti di kampus ini ada uji kompetensi juga”. Imbuhnya

Selain Kuliah Tamu untuk menambah wawasan kepada mahasiswa akuntansi, acara tersebut juga diisi dengan penandaanganan Nota Kesepatakan Kerjasama anatara UTM dengan LSP AF yang ditandatangani langsung oleh Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si dan Ketua LPS AF Drs. Ubaedi, Ak., CA., CfrA,.

 

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id