Talkshow Anti Korupsi

  • PDF

 

Talkshow Anti Korupsi

 IMG 9807

 

Korupsi menjadi salah satu hal yang terus menghantui kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun demikian, korupsi menjadi realitas sosial yang tidak bisa dihindari karena seakan menjadi hal yang biasa dan terus mengakar dalam sistem negara.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memperkecil semakin besarnya korupsi dalam sebuah negara adalah bagaimana lembaga pendidikan berperan aktif dengan terus memberikan pembinaan dan pemahaman yang positif hingga lahir generasi yang baik.

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai lembaga pendidikan tentu memiliki kewajiban untuk berperan aktif dan turut melahirkan generasi yang tidak hanya mampu berdaya saing, namun juga memiliki integritas tinggi dalam menjaga keutuhan bangsa dari belbagi kecurangan.

Mengangkat tema "Strategi Pencegahan dan Penegakan Hukum dalam Pemberantasan Korupsi", UTM melalui Fakultas Hukum menggelar Talkshow Anti Korupsi sebagai upaya untuk memberikan pemahaman positif tentang korupsi kepada mahasiswa pada 18/05/2018.

Bertempat di Aula Graha Utama lt 10, acara tersebut mendatangkan Erlangga Adi Kusuma dari KPK, Budi Darmawan S.H., M.H dari Kejaksaan Negeri Bangkalan, Sukur dari MCW, dan Akademisi UTM Dr. Samsul Fathoni, S.H., M.H bersama Tholib Efendi, S.H., M.H. Ada empat fokus pembahasan yang dikupas pada acara dimoderatori Dr. Erma Roseliana, SH., M.H, tersebut meliputi “Pencegahan dan Penegakan Hukum terhadap Tindak Pidana Korupsi, Kejahatan Korporasi dalam Era Globalisasi, Pertangungjawaban Korporasi terhadap Tindak Pidana Korupsi, dan Peran Mahasiswa dalam Pemberantasan Korupsi”.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Mukhlis, S.H., M.H mengapresiasi acara tersebut, sebab menurutnya meski dengan keterbatasan dana acara tersebut tetap dapat terlaksana dan berhasil mengahadirkan pemateri-pemateri yang luar biasa.

Apresiasi kami mewakili pimpinan Fakultas Hukum kepada panitia, ini sangat luar biasa, harapannya acara ini dapat memberikan pengalaman, ilmu baru dan pencegahan terhadap korupsi" terangnya

Ada 2 hal berbicara korupsi. Pertama, dalam perspektif realitas sosial korupsi menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. Lembaga Pendidikan menjadi harapan masyarakat sebagai alternatif bagaimana dapat memberikan arti yang positif. Kedua, harus ada perspektif mengintervensi bagaimana pembelajaran memberikan nilai-nilai yang positif sehingga melahirkan pemahaman yang baik" Imbuhnya

Sementara itu, membuka acara Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., M.S mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh panitia, “Universitas sangat mengapresiasi acara ini karena telah mengangkat hal-hal yang strategis. Semoga bermanfaat dan memberikan pemahaman baru kepada seluruh peserta yang hadir”. Terangnya

Melaporkan berlangsungnya acara Talkshow Anti Korupsi, Ketua Pelaksana acara Bana Dwi Fatmika mengatakan bahwa ada sebanyak 170 lebih peserta mengikuti acara tersebut yang hadir dari berbagai program studi dilingkungan UTM. Disesi yang sama, Ketua Himpunan Konsentrasi Pidana Rahmat Hidayat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pemateri yang telah berkenan hadir, disamping itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh panitia yang sangat mensuport terselenggaranya acara tersebut.

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id