Sosialisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi

  • PDF

 

Sosialisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi

 IMG 5666

Sebuah institusi akan dikatakan baik dan maju jika ada proses perkembangan pada semua sisi dan memiliki tata kelola yang baik sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku. Maka salah satu catatan penting dari baiknya sebuah institusi minimal adalah bagaimana tata kelola yang meliputi aturan, kebijakan, dan sitem yang ada berjalan dengan baik sehingga terjadi singkronisasi kinerja disemua lini mulai dari atas sampai ke bawah.

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai institusi pendidikan yang harus memberikan layanan pendidikan yang baik dalam rangka menjadi sebuah instusi pendidikan yang maju dan melahirkan lulusan yang berdaya saing, maka harus ada peningkatan kompetensi tata kelola yang baik secara menyeluruh. Untuk membangun pemahaman yang sama dan penigkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), UTM melalui Satuan Pengawas Intenal (SPI) menyelenggarakan acara “Sosialisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi” kepada bagian administrasi dan keuangan di lingkungan UTM pada 07/11/2017.

Bertempat di Aula Graha Utama lantai 10, acara yang di buka langsung oleh Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si.,tersebut dihadiri juga Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H.,MS., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan H. Boedi Mustiko, SH.,M.Hum., dan beberapa perwakilan dari SPI Perguruan Tinggi di Jawa Timur yang meliputi Pens, Poltera, Unesa, UPN Jawa Timur.

          Dalam sambutannya Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si., mengapresiasi yang dilakukan oleh SPI UTM dengan menyelenggarakan acara Sosialisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi tersebut dalam rangka memberikan tambahan pemahaman tata kelola administrasi dan keuangan di lingkungan UTM.

          “harapannya acara yang sangat baik ini memberikan pemahaman yang sama dan kontribusi pada tata kelola kampus kita ini, sehingga setiap tugas masing-masing di bagiannya dapat dikerjakan dengan baik dan penuh tanggungjawab. Semoga ada komitmen dalam kinerja karena bagaimanapun kinerja itu ada ukuran dan tanggungjawab, maka sangat penting kiranya peningkatkan tata kelola yang lebih baik di kampus kita ini” terangnya

          Sementara itu, Tufik Kurrohman, SE.,MSA.,Ak.,CA.,QIA.,CFrA.,AAP-B pemateri dalam acara tersebut menyampaikan banyak hal yang berkenanaan dengan Pengelolaan Keuangan di Perguruan Tinggi yang fokus pada penyusunan Term Of Reference (TOR), Rencana Anggaran Belanja (RAB), dan Mata Anggaran Pengeluaran (MAK).

          Menurutnya, ada siklus dasar keuangan pemerintah pusat yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pertanggungjawaban, dan Pelaporan. Begitupun sama halnya di perguruan tinggi yang tidak jauh beda siklus keungannya. Melalui siklus tersebut, maka perencanaan keuangan sebuah institusi harus dilakukan dengan rinci dan matang mengikuti renstra institusi. Jangan sampai pelaksanaan kegiatan tidak mengacu pada renstra yang telah ditetapkan oleh institusi agar tidak terjadi kerancuan pelaporan. Ungkapnya

          Lebih lanjut Sekretaris Forum SPI Indonesa tersebut juga menambahkan bahwa membiasakan membuat secara rinci dan matang pada setiap penyusunan TOR, RAB, dan MAK akan lebih memudahkan pelaksanaan kegiatan yang telah direncakan. Semua perencanaan tersebut harus benar-benar diperhatikan bagaimana pelaksanaan, dasar hukum, manfaat, tujuan, biaya dan lain-lain yang berkenaan dengan pengelolaan kegiatan dan keuangan. Imbuhnya

          Selain menyampikan materi, Tufik Kurrohman juga memberikan bimbingan dan penjelasan secara langsung teknis penyusunan TOR, RAB, dan MAK yang baik kepada kurang lebih 70 peserta yang hadir.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id