PUI Garam UTM Gelar Sosialisasi dan FGD dengan Masyarakat

  • PDF

 

PUI Garam UTM Gelar Sosialisasi dan FGD dengan Masyarakat

 pui

          Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditunjuk oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pedidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai satu-satunya Pusat Unggulan Inovasi (PUI) Garam Nasional melaksankan Sosialisasi dan Forum Grup Discussion (FGD) dengan masyarakat dalam acara Penguatan Kelembagaan Pusat Unggulan Inovasi Daerah di Kabupaten Pamekasan pada 28/12/2017.

          Acara tersebut dihadiri langsung oleh Derektur PUI Garam UTM Dr.Makhfud Efendy, S.Pi.,M.Si., sebagai pemateri dan Agung Ali Fahmi, SH.,MH., yang merupakan Sekretaris LPPM UTM. Disamping itu turut hadir juga perwakilan dari Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti Ellia Dariah, S.Sos., yang juga memberikan sosialisasi manfaat PUI Garam untuk menguatkan kelembagaan pusat nggulan inovasi.

          Dalam salah satu isi sambutannya, Agung Ali Fahmi, SH.,MH.,yang mewakili Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyampaikan bahwa keberadaan PUI Garam di UTM yang dimotori langsung oleh Dr.Makhfud Efendy, S.Pi.,M.Si., sebagai upaya dalam memberdayakan masyarakat agar masyarakat mendapatkan kesejahteraan sehingga UTM dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

          “UTM selalu berupaya mensupport dan memberikan ruang seluas mungkin kepada Dr.Makhfud Efendy, S.Pi.,M.Si.,dalam mengembangkan penelitiannya dibidang garam, hingga saat ini bisa kita manfaatkan hasilnya. Ini bagian komitmen kami sebagai institusi pendidikan dan akademisi untuk bekerja bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Terangnya

          Sementara itu Ellia Dariah, S.Sos., yang mewakili Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti dalam sambutannya mengapresiasi mayarakat yang hadir begitu ramai dan antusias. Ia juga menjelaskan kehadirannya teresebut sebagai fasilitator kegiatan-kegiatan yang telah dijadwalkan dan mensupport semua kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya.

          Lebiha lanjut, Ellia Dariah, S.Sos., menuturkan bahwa tidak hanya pendanaan saja yang rencananya akan kemenristekdikti fasilitasi, tapi seluruh program yang dijadwalkan oleh Dr.Makhfud Efendy, S.Pi.,M.Si., bersama masyarakat akan di support dan memperjuangkan program tersebut hingga bisa terealisasi dengan baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

          “Bapak Makhfud sudah mengorbankan banyak hal untuk mengembangkan PUI Garam ini, saya berharap bapak dan ibu terus tidak patah semangat, dan juga saya mohon dukungan terhadap kegiatan bapak mahfud. Saya harap ini juga bukan kali saja saya kesini tapi saya juga dapat ikut menyaksikan perkembangannya, dan tentu saya akan tetap perjuangkan program ini tetap berjalan”. Jelasnya

          Ada banyak harapan masyarakat dari kegiatan sosialisasi dan FGD tersebut, diantaranya adalah dibidang pendanaan, fasilitas, dan peran pemerintah dalam memperjuangkan nasib petani yang seringkali terbebani oleh kebijakan-kebijakan yang kurang berpihak kepada masyarakat khusunya pada petani garam. Mengakhiri acara tersebut, sesi foto bersama untuk mengabadikan momen dilakukan sebagai penutup.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id