Pelatihan Memasuki Dunia Kerja

  • PDF

 

Pelatihan Memasuki Dunia Kerja

 

 IMG 8190

Pusat Pengembangan Karir (PPK) Universitas Trunojoyo Madura menyelenggarakan acara Pelatihan Mamasuki Dunia Kerja sebagai salah satu langkah mempersiapkan para mahasiswa khususnya mahasiswa semester akhir dan alaumni yang baru lulus agar lebih siap dan mampu bersaing dalam memasuki dunia kerja yang bekerjasama dengan PETRONA Carigali Ketapang II Ltd pada 19/04/2017.

Acara pelatihan yang bertempat di Auditorium Pascasarjana tersebut dihadiri sekitar 100 lebih peserta dari berbagai program studi. Rektor Universitas Trunojoyo Madura Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si yang membuka langsung acara tersebut mengawali sambutannya menyampaikan bahwa “memasuki dunia kerja sangat membutuhkan skill yang baik dan memiliki kemampuan karakter yang meliputi kemampuan emosional dan sosial sebagai modal dasar agar mampu berkompetisi disamping kompetensi akademik yang juga perlu diparhatikan” Ungkap beliau isi salah satu sambutannya.

Lebih lanjut Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si juga berharap kedepan para pengola Pusat Pengembangan Karir nantinya lebih inivatif dengan membuat program yang lebih baik lagi yang bisa meberikan suatu media yang bisa dikembangkan para alumni sebagai modal awal untuk menghadapi dunia kerja. Ungkap beliau mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, People Management dan Talent Sourcing Office PETRONA Carigali Ketapang II Ltd Candi Prima Sari, M.Psi yang menjadi pemateri pertama dalam acara tersebut menyampaikan bahwa ketika seseorang ingin mengirimkan surat lamaran pekerjaan yang harus diperhatikan pertama adalah isi curriculum vitae harus jelas dan memiliki credit value atau nilai lebih daripada pelamar yang lain. Jika memiliki kemampuan bahasa asing yang baik maka itu menjadi nilai plus bagi pelamar, selain itu seseorang pelamar jangan sampai memabandingkan kemampuan dirinya dengan teman dekatnya tapi bandingkanlah dengan pelamar-pelamar lain yang mungkin kemampuan dan great kampusnya juga lebih bagus. Ungkapnya menyemangati

Disesi lain pemateri kedua Suryantoro, S.Psi yang menjabat sebagai Manager HR Service dan Talent di Carigali Ketapang II Ltd yang menjelaskan materi tentang persiapan tes wawancara terebut menyampaikan bahwa hal dasar yang harus disiapkan adalah membuat image diri sesuai dengan permintaan perusahaan, berpenampilan formal, membuat komunikasi visual, dan perhatikan attitude atau sikap. Selain itu, Suryantoro juga menyarankan untuk menyampaikan kekurangan secara jujur dan berikan alasan bahwa anda tahu solusinya serta mampu menutupi kekurangan anda. Ungkapnya.

Acara pelatihan yang dihadiri sekitar 150 peserta tersebut kemudian diakhiri dengan pertanyaan-pertanyaan dan melatih secara langsung beberapa peserta yang mengirimkan CV sebelum mengikuti acara.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan