Mewujudkan Pelayanan Terbaik UTM

  • PDF

 Mewujudkan Pelayanan Terbaik UTM

" Pelatihan Pelayanan Prima dan Keprotokoleran "

DSC 9624

Civitas Akademika Universitas Trunojoyo Madura mengikuti acara Pelatian Pelayanan Prima dan Keprotokoleran yang digagas dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yang terbaik dan prima bagi pengguna pelayanan publik baik dari internal kampus seperti mahasiswa atau dari eksternal kampus seperti tamu undangan dan masyarakat luas.

Kegiatan yang prakarsai oleh Humas dan Kesekretariatan / TU Universitas Trunojoyo Madura tersebut merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pelayanan publik terbaik di internal kampus mengingat pentingnya sebuah pelayanan kampus yang baik dan prima kepada semua pengguna pelayanan, Karena salah satu ciri suatu kampus bisa dikatan baik jika pelayanan publiknya sudah memberikan pelayanan yang baik dan prima serta sebagai langkah awal menciptakan University Branding serta Manner dalam memberikan pelayanan kepada khalayak publik khususnya mahasiswa, dosen serta karyawan.

DSC 9619

Sejalan dengan yang disampaikan dalam sambutannya Ningwar, S.E “Upaya ini kami lakukan untuk menciptakan institusi yang memiliki integritas dan berdaya saing yang tentu ingin kami mulai dari perbaikan pelayanan kepada publik. Bukankah salah satu hal dari sebuah institusi bisa dikatakan baik bilamana pelayanan publiknya sudah memberikan pelayanan yang terbaik pada penggunanya. Dari semangat itu kami gagas pelatian ini” dia sampaikan sebagai ketua pelaksana acara.

Sekitar delapan puluh peserta dari seluruh Civitas Akademika Universitas Trunojoyo Madura dari bagian atas hingga kebagian bawah mulai dari Kepala Biro dan Kepala Bidang beserta wakilnya, Para Sekretaris Pimpinan, Tata Usaha, hingga ketua bagian satuan pengamanan internal kampus (satpam), Cleaning service pun menjadi target dalam pelatihan yang bertempat di Gedung Graha Utama Rektorat lantai 10 tersebut.

DSC 9622

Acara pelatihan yang dibuka langsung oleh Rektor UTM Dr. Drs. Muh. Syarif, Ec. M.Si seakan menambah antusiasme peserta karena mendapat motivasi penyemangat dari Rektor. “Saya merasa bangga dengan upaya perbaikan yang dilakukan ini, semoga keinginan kita bersama bisa kita raih, tak perlu dengan muluk-muluk, cukup sederhana saja, tidak menyulitkan, namun baik untuk semuanya, tentu dimulai dari hal-hal kecil. Seperti, senyum atau menyapa misalnya” Tutur Dr. Drs. Muh. Syarif, Ec. M.Si menyemangati.

Dimulai dari materi-materi dasar yang menyenangkan hingga materi beratpun disampaikan pemateri yang di datangkan langsung dari Badan Diklat Provinsi Jawa Timur dalam acara pelatian kepada Civitas Akademika Universitas Trunojoyo Madura tersebut. Mengawali pembicaraannya, Drs. Zaenal Mutakin. M.Si langsung memberikan jurus-jurus jitu kepada Civitas Akademika Universitas Trunojoyo Madura dalam acara Pelatihan Pelayanan Prima dan Keprotokoleran pada 11/12/2015.

DSC 9626

Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh petugas pelayanan dalam upaya memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi setiap penggunanya, beberapa jurus yang harus menjadi pondasi utama dalam memberikan pelayanan terbaik tersebut dimulai dari hal-hal sangat mendasar namun hal ini sangat menentukan.

Pertama, yang harus dilakukan adalah menata niat yang kuat dari setiap individu. Kedua, Ikhlaslah dalam setiap melakukan pelayanan agar menghasilnya pelayanan yang memuaskan. Ketiga, mulailah dengan S3i “Senyum, Salam, Sapa, dan Inovasi”. Kenapa harus ada inovasi? karna hadirnya inovasi agar ada variasi baru yang selalu menyegarkan. Ketiga hal ini harus dijadikan pondasi utama dalam memberikan pelayanan. Ungkap Pemateri.

Selama dua sesi lamanya yakni sesi pagi hingga siang dan sesi siang hingga sore acara pelatian tersebut memberikan materi hingga mempraktekan langsung agar menghasilkan pelatian yang maksimal dan optimal. Dengan cara menyenangkan dan serius, acara tersebut membuat peserta tidak merasakan bosan mengikuti acara pelatian hingga selesai.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh