Jajaki Kerjasama, Toyobo Engineering Co.,Ltd. Jepang Kunjungi UTM

  • PDF

 

 

Jajaki Kerjasama, Toyobo Engineering Co.,Ltd. Jepang Kunjungi UTM

 WhatsApp Image_2019-01-28_at_11.29.32

Kebutuhan garam nasional yang sangat besar akhir-akhir ini baik garam untuk industri, farmasi, riset, life style dan konsumsi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, membuat produksi garam mau tidak mau harus terus ditingkatkan. Disamping itu, untuk menghasilkan garam yang lebih besar, dibutuhkan teknologi tepat guna yang mampu memproduksi garam dengan jumlah yang besar dan memiliki kwalitas baik.

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang telah diresmikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (kemenristekdikti) sebagai Pusat Unggulan Inovasi Garam (PUI Garam) terus berupaya untuk meningkatkan produksi garam dalam rangka memenuhi kebutuhan garam nasional.

Salah satu upaya yang dilakukan UTM diantaranya adalah dibuatnya Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Garam yang bekerjasama dengan berbagai perusahaan yang bergerak dibidang teknologi produksi garam baik dalam maupun luar negeri sebagai langkah untuk meningkatkan produksi garam nasional yang lebih besar.

Setelah menjalin kerjasama dibidang teknologi produksi garam dengan salah satu perusahaan asal jepang Suzukatsu. Co.,ltd. UTM kembali mendapat peluang kerjasama dengan kedatangan Toyobo Engineering Co.,Ltd. pada 24/01/2018.

Toyobo Engineering Co.,Ltd. yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang teknologi pemurnian air laut dengan produk air minum dan garam di Jepang. Kedatangan Yoshinari Ohira sebagai Team Leader Project, Yoji Abe sebagai Leader Salt Production, dan Takayuki Tabuse sebagai Staff Salt Production dari Toyobo Engineering Co.,Ltd. yang dipandu langsung Salim Mustofa sebagai local/penterjemah tersebut disambut gembira Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si.

Bertempat di Graha Utama lt 5. Rektor Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si di dampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H., MS, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan H. Boedi Mustiko, S.H., M.Hum, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Slamet Subari, MS dan Ketua PUI Garam UTM Dr. Mahfud Efendy, S.P., M.P bersama para Dosen Tim PUI Garam dalam sambutannya mengaku sangat gembira kedatangan rombongan dari perusahaan Toyobo Engineering Co.,Ltd. tersebut. Menurutnya kesempatan atau peluang untuk menjalin kerjasama antara UTM dengan Toyobo Engineering Co.,Ltd. mengingat UTM sebagai Instituti Pendidikan yang ditunjuk menjadi PUI Garam dan Toyobo Engineering Co.,Ltd.

Lebih lanjut, Muh Syarif juga banyak menyampaikan berbagai hal yang telah dilakukan UTM sebagai institusi pendidikan yang diantaranya adalah hasil riset inovasi garam berupa garam industri, farmasi, riset, life style dan konsumsi yang mendapat apresiasi dengan dinobatkannya sebagai PUI Garam oleh kementerian.

            Sementara itu, Yoji Abe sebagai Leader Salt Production di Toyobo Engineering Co.,Ltd. yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan air laut menjadi air minum yang menghasilkan garam dengan menggunakan tenaga surya tersebut lebih banyak menyampaikan kelebihan teknologi yang dibuat Toyobo Engineering Co.,Ltd. dengan mimbrane terbaik sejauh ini yang tahan lama. Yoji Abe juga menambahkan bahwa teknologinya sebesar 80% digunakan di Arab Saudi.

Disesi yang sama, Ketua PUI Garam UTM Dr. Mahfud Efendy, S.P., M.P menyampaikan bahwa Indonesia menang sangat membutuhkan teknologi saat ini untuk menghasilkan garam lebih banyak, sehingga kebutuhan garam nasional dapat terpenuhi.

WhatsApp Image_2019-01-28_at_11.29.28WhatsApp Image_2019-01-28_at_11.29.31

Pemerintah memang sangat berharap kepada kita dapat menghasilkan garam yang lebih banyak dengan kwalitas terbaik, sehingga kita tidak perlu mengimpor garam lagi ke depan. Kami berharap diskusi ini dapat saling menjajaki kerjasama. Dukungan dari berbagai pihak diantaranya konsorsium universitas, para peneliti, industri, dan petani garam menjadi peluang antara PUI Garam UTM dengan Toyobo Engineering Co.,Ltd.” Terannya.

Diskusi tersebut berjalan dengan begitu terbuka untuk saling mengenal lebih dalam antara UTM dan Toyobo Engineering Co.,Ltd. Disamping itu, untuk mengetahui Laboratorium Lapang PUI Garam dan Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Garam UTM yang terletak di Kabupaten Pamekasan, Dr. Mahfud Efendy, S.P., M.P medampingi tim Toyobo Engineering Co.,Ltd. untuk melihat langsung.

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id