Gagas Wisata Syariah di Madura, Rektor Tandatangani MoU

  • PDF

 

Gagas Wisata Syariah di Madura, Rektor Tandatangani MoU

IMG 7403 

 

Keberadaan Pulau Madura yang dikelilingi oleh pantai dan tempat-tempat unik yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai tempat wisata, maka keberadaan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai perguruan tinggi memiliki kewajiban memberikan sumbangsih nyata baik berupa ide atau pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat lokal madura dan nasional pada umumnya.

Salah satu wujud dalam rangka memberikan kontribusi kepada masyarakat, UTM melalui Fakultas Keislaman menggagas wisata syariah di Madura. Agar mendapat dukungan dari pihak terkait dalam mewujudkan hal tersebut, Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si., tandatangani Memorendum of Understanding (MoU) dengan Rektor Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang Prof. Dr. H. Ahmad Zahro. MA., dalam pengembangan Pariwisata Syariah pada 28/12/2017.

IMG 7415IMG 7418

Bertempat di Graha Utama ruang rapat Rektor lantai 5, acara yang diisi penandatanganan kerjasama dan Forum Grup Discussion (FGD) tersebut dihadiri Dekan beserta Wakil Dekan, para dosen Fakultas Keislaman dan juga menghadirkan langsung Dinas Pariwisata yang ada di madura melaiputi Dinas Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si., yang menandatangani langsung pelaksanaan kerjasama tersebut mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat datang kepada Rektor Unipdu Jombang Prof. Dr. H. Ahmad Zahro. MA., bersama Wakil Rektor dan rombongan. Lebih lanjut beliau juga mengapresiasi gagasan pengembangan wisata syariah yang sangat potensial untuk dikembangkan di Madura.

“pengembangan pariwisata syariah ini merupakan gagasan yang sangat baik, karena akan memberikan dampak yang luar biasa kepada masyarakat. Dan Unipdu sebagai patner kita dan senior kita dalam pengembangan wisata syariah ini kita jadikan guru untuk kita belajar, maka mari kita niatkan apa yang akan kita lakukan ini dengan niat baik, karena akan menjadi sia-sia rasanya jika hal yang positif ini tidak kita niatkan dengan baik” Ungkap dalam salah satu isi sambutannya.

Rektor juga menambahkan, bahwa keberadaan UTM di Madura maka menjadi salah satu kewajiban untuk berkontribusi konkrit pada masyarakat Madura. dan UTM telah menemukan dimana akan fokus, dan fokus UTM diantaranya adalah pengembangan pariwisata. Terangnya

“Kami berharap kerjasama ini tidak hanya dibidang pariwisata saja, tapi juga bisa dikembangkan dibidang yang lain”

Sementara itu, Rektor Unipdu Jombang Prof. Dr. H. Ahmad Zahro. MA., menyambut baik kerjasama antara UTM dengan Unipdu yang menjadi pencetus konsep dalam pengembangan pariwisata syariah tersebut. “kami sangat senang terjalinnya kerjasama ini, dan ini sangat luar biasa tentu kami akan menjaga martabat UTM sebagai partner dalam pengembangan pengetahuan ini” Tuturnya

Lebih lanjut beliau juga mengajak Rektor UTM untuk menggalakkan kerjasama, karena menurutknya jika Unipdu tidak bisa berbuat secara langsung setidaknya minimal Unipdu bisa memberikan sumbangsih pada ide dan konsep yang telah dilahirkan.

“minimal Unipdu bisa menyumbang kan ide dan konsep jika belum bisa berbuat secara langsung” Paparnya

Disesi yang sama, perwakilan dari Dinas Kabupaten Bangkalan yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi dan berjanji akan mensupport realisasinya gagasan paeiwisata syariah tersebut, mengingat potensinya yang sangat besar untuk dikembangkan. “kami sangat mensupport gagasan tersebut, karena ini memang belum ada di Madura, dan ini sangat potensial” Jelasnya.

Ada banyak hal yang dibahas pada FGD tersebut terkait pengembangan pariwisata syariah, diantaranya adalah perubahan akdemik, dan penambahan kurikulum mata kuliah pada Fakultas Keislaman. Menutup acara tersebut, Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh Syarif, M.Si., bersama Dekan Fkis dan para dosen serta Rektor Unipdu Jombang Prof. Dr. H. Ahmad Zahro. MA., bersama rombongan mengabadikan momen dengan foto bersama.

 

 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id