Universitas Trunojoyo Madura Universitas Trunojoyo Madura http://www.trunojoyo.ac.id/ Fri, 29 Jul 2016 07:34:36 +0000 Joomla! 1.5 - Open Source Content Management id-id Kukuhkan Pengembangan Klaster, UTM Gelar Senior Meeting dengan SKPD Jatim http://www.trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/kukuhkan-pengembangan-klaster-utm-gelar-senior-meeting-dengan-skpd-jatim.html http://www.trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/kukuhkan-pengembangan-klaster-utm-gelar-senior-meeting-dengan-skpd-jatim.html  

Kukuhkan Pengembangan Klaster, UTM Gelar Senior Meeting dengan SKPD Jatim

 

DSC 4300

Hari ini, Kamis 28 Juli 2016 UTM menggelar Senior Meeting yang dihadiri oleh 12 (dua belas) Satuan Kerja Dinas (SKPD) Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Adapun keduabelas SKPD itu adalah: Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdangan, Dinas KKP Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pendidikan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Bappeda Propinsi Jawa Timur, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Biro Hukum, dan Biro Administrasi Kerjasama Propinsi Jawa Timur.

Senior Meeting, ini dimaksudkan sebagai langkah konkrit UTM dalam mengembangkan Pendidikan Berbasis Klaster dengan fokus pada 6 (enam) sektor dan untuk menyatukan pemahaman bersama UTM dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur dalam mengkrongkitkan serta membangun sinergi terhadap program-program Pemerintah Propinsi Jawa Timur dengan UTM dalam hal Pengembangan Pendidikan Berbasis Klaster.

Mengawali sambutannya, Rektor UTM, Dr. H. Muh. Syarif, MSi., menegaskan bahwa UTM sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Negeri yang ada di Madura memiliki komitmen yang tinggi dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat, sebagai sebuah upaya menempatkan UTM berdiri sejajar dengan Perguruan Tinggi lainnya dengan mengusung Ciri Pembeda melalui pengembangan pendididikan berbasis klaster yang fokus utamanya terdapat 6 (enam) sektor, yaitu: Garam dan Tembakau, Pangan: Jagung, Singkong, Tebu, Sapi, Hasil Laut, Energi: Minyak-Gas dan Non Migas, Pendidikan: formal, informal, dan Non formal, Tenaga kerja dan wanita, Pariwisata dan ekonomi kreatif.

Keenam sektor ini merupakan beberapa Potensi Madura dari sekian banyak potensi yang ada dan dijadikan sebagai Ciri Pembeda Universitas Trunojoyo Madura dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Hal ini tidak terlepas dari tuntutan global, dimana keberadaan Perguruan Tinggi benar-benar diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap beragam permasalahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, seloroh Muh. Syarif.

Sebagai langkah awal, UTM telah memaparkan di hadapan Gubernur Jawa Timur sehubungan dengan Pengembangan Pendidikan Berbasis Klaster. Pada kesempatan itu, Pak DeKarwo sangat apresiasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan oleh UTM khususnya berkaitan dengan pengembangan Jagung, Sapi, Tebu dan Garam Madura. Dan pada tanggal 2 Mei 2016 Kemenristekdikti Republik Indonesia, telah melaunching Jagung Madura 1 dan Madura 2.

Terkait Tenaga Kerja dan Wanita, Rektor UTM, memaparkan bahwa Madura sesungguhnya menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kontribusi nasional dalam hal devisa. Banyak hal yang perlu UTM lakukan, mengingat Tenaga Kerja dan Wanita dari Madura masih banyak mengalami kendala dan hambatan, baik dari segi kompetensi maupun beragam hal yang menyangkut persoalan hukum, sehingga UTM hadir untuk selalu memberikan pendampingan dan pelatihan serta advokasi, dengan harapan Tenaga Kerja dan Wanita yang berasal dari Madura ini benar-benar mendapat perlindungan baik scara ekonomi, hukum, politik, dan sosial.

Lebih lanjut Muh, Syarif menyampaikan “Energi dan Migas, UTM telah mengembangkan sebuah alat (Destilasi) yang dapat digunakan sebagai sumber energy yang berasal dari air laut menjadi air tawar. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat dan diharapkan mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten dan Propinsi Jawa Timur”. Sementara berkaitan dengan Sapi Madura, Madura merupakan daerah yang memiliki kekayaan lokal yang memiliki kualitas berdaya saing nasional dan internasional yang dapat berkontribusi terhadap kebutuhan nasional. Tentu ini merupakan kekayaan lokal yang harus dipelihara dan dikembangkan, seloroh Muh. Syarif.

Sementara itu, seluruh SKPD Jawa Timur sangat berkesan dan mendukung terhadap Pengembangan Pendidikan UTM berbasis Klaster dengan mengangkat potensi lokal Madura dengan bersandar pada 6 (Enam) Sektor. Mewakili SKPD yang hadir Biro Administrasi dan Kerjasama dan Biro Hukum sangat antusias untuk membangun kerjasama dan bersinergi dengan UTM terkait kegiatan-kegiatan yang telah dikembangkan oleh UTM. Humas UTM

]]>
humas@trunojoyo.ac.id (Humas UTM) frontpage Thu, 28 Jul 2016 09:58:23 +0000
MTQ Mahasiswa Regional IV Jawa Timur 2016 http://www.trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/mtq-mahasiswa-regional-iv-jawa-timur-2016.html http://www.trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/mtq-mahasiswa-regional-iv-jawa-timur-2016.html  

MTQ Mahasiswa Regional IV Jawa Timur 2016

 DSC 4104

            Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kini menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negri di Jawa Timur yang terus menunjukkan prestasinya di kancah regional, nasional, maupun internasional. Hal tersebut dibuktikan dari prestasi-prestasi mahasiswa yang terus diraih beberapa tahun terakhir hingga saat ini. Untuk terus menjukkan kesiapan dan daya saingnya banyak hal yang dilakukan oleh Universitas Trunojoyo Madura, mulai dari berpartisipasi dalam setiap ajang kompetisi dan perlombaan ditingkat regional, nasional dan internasional.

Di ulang tahun yang ke-16 sebagai perguruan tinggi negeri (PTN), Universitas Trunojoyo Madura menjadi tuan rumah dalam acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) mahasiswa tingkat regional ke - 4 2016 yang diikuti oleh 630 mahasiswa dari 64 PTN dan PTS di Jawa Timur. Acara yang bertemakan “internalisasi nilai-nilai Qur’an dalam rangka membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, berilmu dan berakhlaq mulia” tersebut dilaksanakan pada 19-21/07/2016.

Pembukaan acara MTQ Mahasiswa Regional Ke-IV Jawa Timur bertempat di Gedung Pertemuan UTM yang di hadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Bangkalan Bapak Ir. Mondzir Rofi’ie dan Budayawan Madura D. Zawawi Imran dan dibuka langsung oleh wakil bupati Bangkalan Bapak Ir. Mondzir Rofi’ie dengan pemukulan drum yang di dampingi oleh Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si sebagai Rektor UTM menyampaikan kebanggaannya kepada civitas akademika UTM dan siap sebagai tuan rumah dalam acara besar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) mahasiswa tingkat regional ke-4 yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Beliau Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si juga menyampaikan bahwa menjadi tuan rumah tersebut merupakan salah satu bentuk kesiapan Universitas Trunojoyo Madura untuk menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dan berdaya saing.

]]>
humas@trunojoyo.ac.id (Humas UTM) frontpage Tue, 26 Jul 2016 05:29:51 +0000
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI MANDIRI MASUK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2016 GELOMBANG I http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/pengumuman-hasil-seleksi-mandiri-masuk-universitas-trunojoyo-madura-2016-gel-i.html http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/pengumuman-hasil-seleksi-mandiri-masuk-universitas-trunojoyo-madura-2016-gel-i.html Dengan Ini di Umumkan Daftar nama Peserta yang lolos Seleksi Mandiri Masuk Universitas Trunojoyo Madura 2016

Bisa Dilihat Disini

]]>
baakpsi@trunojoyo.ac.id (penumuman Hasil seleksi SMMUTM) frontpage Mon, 25 Jul 2016 13:34:01 +0000
PENGUMUMAN DAFTAR ULANG SELEKSI MANDIRI (SMMUTM) TAHUN 2016 (Gelombang I) http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/pengumuman-daftar-ulang-seleksi-mandiri-smmutm-tahun-2016-gelombang-i.html http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/pengumuman-daftar-ulang-seleksi-mandiri-smmutm-tahun-2016-gelombang-i.html  

1

 Unduh : klik Besaran Biaya , Surat Pernyataan

Lihat Pengumuman klik http://smmutm.trunojoyo.ac.id/



]]>
baakpsi@trunojoyo.ac.id (BAAKPSI) frontpage Mon, 25 Jul 2016 12:05:29 +0000
PENGUMUMAN SELEKSI MANDIRI MASUK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA (SMMUTM) GELOMBANG II http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/pengumuman-seleksi-mandiri-masuk-universitas-trunojoyo-madura-smmutm-gelombang-ii.html http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/pengumuman-seleksi-mandiri-masuk-universitas-trunojoyo-madura-smmutm-gelombang-ii.html PENGUMUMAN

No. 1625 /UN46/DT/2016

Sehubungan dengan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Tahun Akademik 2016/2017, Universitas Trunojoyo Madura memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK untuk mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Universitas Trunojoyo Madura (SMMUTM) Gelombang II.

A. SELEKSI MANDIRI MASUK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA (SMMUTM)

- SMMUTM adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berdasar pada hasil ujian tulis yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Trunojoyo Madura

- Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2014, 2015, dan 2016.

- Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,

- Pembayaran bisa dilakukan di kantor cabang BRI di seluruh Indonesia (akan mendapat user name dan password untuk membuka portal SMMUTM), keterangan lengkap dapat dilihat di http://pmb.trunojoyo.ac.id

a. Pembayaran Bank tanggal 26 Juli - 1 Agustus 2016

b. Pendaftaran Online tanggal 26 Juli - 2 Agustus 2016

c. Seleksi Ujian Tulis tanggal 4 Agustus 2016

d. Pengumuman tanggal 6 Agustus 2016

- Program Studi yang dibuka :

1. Ilmu Hukum (jenjang S1)

2. Akuntansi (jenjang S1)

3. Manajemen (jenjang S1)

4. Ekonomi Pembangunan (jenjang S1)

5. Agroteknologi (jenjang S1)

6. Teknologi Industri Pertanian (jenjang S1)

7. Ilmu Kelautan (jenjang S1)

8. Manajemen Sumber Daya Perairan (jenjang S1)

9. Teknik Informatika (jenjang S1)

10. Teknik Industri (jenjang S1)

11. Teknik Elektro (jenjang S1)


12. Teknik Mesin (jenjang S1)

13. Teknik Mekatronika (jenjang S1)

14. Sistem Informasi (jenjang S1)

15. Sastra Inggris (jenjang S1)

16. Sosiologi (jenjang S1)

17. Ilmu Komunikasi (jenjang S1)

18. Psikologi (jenjang S1)

19. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (jenjang S1)

20. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (jenjang S1)

21. Pendidikan Informatika (jenjang S1)

22. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (jenjang S1)

23. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (jenjang S1)

24. Hukum Bisnis Syariah (jenjang S1)

25. Ekonomi Syariah (jenjang S1)

26. Enterpreneurship/Kewirausahaan (jenjang D3)

27. Akuntansi Sektor Publik (jenjang D3)

28. Manajemen Informatika (jenjang D3)

29. Teknik Multimedia Dan Jaringan (jenjang D3)

30. Mekatronika (jenjang D3)

Catatan :

1. Siswa dari jurusan SMA/MA IPA dan SMK SAINTEK, diperkenankan memilih program studi yang berkualifikasi IPA atau IPS dengan ketentuan :

a. jika pilihan I berkualifikasi IPA maka pilihan II harus berkualifikasi IPA

b. jika pilihan I berkualifikasi IPS maka pilihan II harus berkualifikasi IPS

c. tidak diperbolehkan untuk mengambil pilihan I berkualifikasi IPA dan pilihan II berkualifikasi IPS ataupun sebaliknya

2. Siswa dari jurusan SMA/MA IPS, Bahasa, Agama dan SMK SOSHUM hanya diperkenankan memilih program studi berkualifikasi IPS saja.

Untuk Informasi Lebih lanjut dan Form Pernyataan Dapat Didownload Disini.....!!!!!

 

]]>
baakpsi@trunojoyo.ac.id (smmutm gelombang 2) frontpage Mon, 25 Jul 2016 11:39:52 +0000
RUP Klasifikasi Konstruksi dan Barang 2016 http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/rup-klasifikasi-konstruksi-dan-barang-2016.html http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/rup-klasifikasi-konstruksi-dan-barang-2016.html Rencana Umum Pengadaan Konstruksi dan Barang 2016 dapat dilihat disini

]]>
lelang@trunojoyo.ac.id (Lelang UTM) frontpage Tue, 19 Jul 2016 07:27:13 +0000
KALENDER AKADEMIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 http://www.trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/kalender-akademik-universitas-trunojoyo-madura-tahun-akademik-20162017.html http://www.trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/kalender-akademik-universitas-trunojoyo-madura-tahun-akademik-20162017.html  

KALENDER AKADEMIK

UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

TAHUN AKADEMIK 2016/2017

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA TENTANG KALENDER AKADEMIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA TAHUN AKADEMIK 2016/2017, BISA DI DOWNLOAD DI LINK BERIKUT INI KALENDER AKADEMIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA TAHUN AKADEMIK 2016/2017

 

 

]]>
humas@trunojoyo.ac.id (Humas UTM) frontpage Tue, 12 Jul 2016 08:15:11 +0000
HIMBAUAN DISIPLIN KEHADIRAN SETELAH CUTI IEDUL FITRI 1437H DI LINGKUNGAN KEMENRISTEKDIKTI http://www.trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/himbauan-disiplin-kehadiran-setelah-cuti-iedul-fitri-1437h-di-lingkungan-kemenristekdikti.html http://www.trunojoyo.ac.id/pojok-kampus/himbauan-disiplin-kehadiran-setelah-cuti-iedul-fitri-1437h-di-lingkungan-kemenristekdikti.html HIMBAUAN DISIPLIN KEHADIRAN SETELAH CUTI IEDUL FITRI 1437H

DI LINGKUNGAN KEMENRISTEKDIKTI

Menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi ( PAN dan RB ) Nomor B/2337/M.PANRB/06/2016 Tanggal 27 Juni 2016 Perihal Himbauan Untuk Tidak Memberikan Cuti Tahunan Sesudah Cuti Bersama Iedul Fitri 1437H.

IMG 2278IMG 2279

]]>
humas@trunojoyo.ac.id (Humas UTM) frontpage Sat, 09 Jul 2016 14:55:32 +0000
DAFTAR ULANG JALUR SBMPTN TAHUN 2016 http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/tata-cara-dan-persyaratan-daftar-ulang-jalur-sbmptn-tahun-2016.html http://www.trunojoyo.ac.id/pengumuman/tata-cara-dan-persyaratan-daftar-ulang-jalur-sbmptn-tahun-2016.html TATA CARA DAN PERSYARATAN DAFTAR ULANG JALUR SBMPTN TAHUN 2016

Dengan ini diumumkan kepada semua calon mahasiswa baru Universitas Trunojoyo Madura

yang diterima melalui Jalur SBMPTN Tahun 2016 untuk :

 

1. Melakukan REGISTRASI ONLINE di laman : sidamaba.trunojoyo.ac.id.

2. Registrasi online dapat diakses awal tanggal 29 Juni pukul 10.00 Wib – akhir 15 Juli 2016 pukul 15.00 Wib.

3. Dokumen pendukung (dalam bentuk soft copy) yang harus dipersiapkan untuk registrasi online :

a. Pasfoto berwarna (resmi) berformat jpg

b. Pekerjaan ayah, ibu atau wali

c. Penghasilan ayah, ibu atau wali

(surat keterangan dari desa, bagi yang bukan pegawai atau jika tidak bekerja/berpenghasilan)

d. Kartu susunan keluarga (KSK)

e. Pembayaran pajak bumi dan bangunan/PBB

(jika tidak/belum mempunyai, harus diisi dengan surat keterangan minimal dari RW)

f. Bukti pembayaran listrik

g. Bukti pembayaran PDAM/air

(jika tidak menggunakan, harus diisi dengan surat keterangan minimal dari RW)

h. Bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor roda 2

(jika mempunyai kendaraan roda 2)

i. Bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor roda 4

(jika mempunyai kendaraan roda 4)

j. Rumah tampak depan

k. Rumah tampak samping

l. Rumah tampak ruang tamu

m. Rumah tampak dapur.

4. Pengumuman lebih lanjut terkait Tata Cara dan Persyaratan Daftar Ulang dapat dilihat di sini →(REGULER), →(BIDIKMISI)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian.

 

RALAT PENGUMUMAN SBMPTN REGULER :

Tertulis Pembayaran dapat dilakukan pada tanggal 26 s/d 28 Agustus 2015 SEHARUSNYA ditulis 26 s/d 28 Juli 2016, pengumuman perbaikan sudah dapat di download ulang, mohon maaf atas kesalahan ini.

]]>
baakpsi@trunojoyo.ac.id (Baakpsi) frontpage Tue, 28 Jun 2016 04:55:28 +0000
Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan/Manajemen Sumberdaya Perairan UTM Gelar Pameran Ekowisata Bahari http://www.trunojoyo.ac.id/dunia-mahasiswa/mahasiswa-prodi-ilmu-kelautanmanajemen-sumberdaya-perairan-utm-gelar-pameran-ekowisata-bahari.html http://www.trunojoyo.ac.id/dunia-mahasiswa/mahasiswa-prodi-ilmu-kelautanmanajemen-sumberdaya-perairan-utm-gelar-pameran-ekowisata-bahari.html Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan/Manajemen Sumberdaya Perairan UTM

Gelar Pameran Ekowisata Bahari

13523774 120300000020839326 1451945496 o

            Dalam rangka melaksanakan ujian akhir semester mata kuliah ekowisata bahari program studi Ilmu Kelautan dan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian Uinversitas Trunojoyo Madura, seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah ekowisata bahari menyelenggarakan pameran destinasi wisata bahari yang ada di Pulau Madura, yang ditujukan untuk memperkenalkan dan mengembangkan destinasi wisata di Pulau Madura.Kegiatan ini berlangsunng pada hari Rabu 22 Juni 2016 jam 09.30-13.00 bertempat di Laboratorium Kartografi Universitas Trunojo Madura

            Diungkapakan oleh dosen pembimbing ekowisata bahari Dr. Akhmad Farid S.Pi, M.T “ Dengan adanya pameran destinasi wiasata ini, diharapkan segala potensi wisata bahari yang ada di Pulau Madura bisa tereksplore dan dikenal oleh para pecinta travelling dsb, mahasiswa pun diharapkan menjadi pelopor untuk memperkenalkan serta menjaga destinasi wisata bahari yang ada di Pulau Madura.

            Menurut salah satu mahasiswa Ilmu Kelautan Faizun Mubarak, dirinya mengungkapkan bahwa “Dalam meningkatkan wisata bahari yang ada di Pulau Madura, hal yang menjadi indikator penghambat pengembangan wisata bahari yaitu kurang pedulinya masyarakat sekitar terhadap lingkungan, dan minimya perhatian dari dinas/instatnsi terkait terhadap potensi wiasata bahari yang ada di Pulau Madura, kedepannya pemerintah diharapkan menjadi stakeholder dalam mengembangkan potensi wisata bahari yaang ada di pulau madura sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

            Nurul Qomariyah, mahasiswi program studi sastra inggris sekaligus sebagai pengunjung pameran wiasata bahari ini, dirinya menuturkan “Saya terkesan dengan kegiatan pameran ini, terkesan akan perjuuangan mahasiswa program studi ilmu kelautan untuk memperkenalkan destinnasi wiasata bahari yang ada di pulau garam ini. “Jujur saja mas, saya baru tahu kalau di Bangkalan itu ada pantai Batu Malang (Basmalah) yang dulunya sempat menjadi wisata akan tetapi, saat ini sudah tidak di kelola lagi dengan baik dan terbengkalai, saya berharap dengan adanya pameran ini segala potensi wiasata bahari di Pulau Garam bisa terekspose kembali serta terjaga dengan baik sehingga keanekaragaman hayati di ekosistem pantai pun tetap terjaga”, pungkas wanita kelahiran Sumenep ini.

]]>
humas@trunojoyo.ac.id (Humas UTM) frontpage Fri, 24 Jun 2016 01:54:15 +0000