VISITASI AKREDITASI INSTITUSI PERGURUAN TINGGI (AIPT) DI UTM OLEH ASESOR BAN-PT

  • PDF

Pada tanggal 10 dan 11 Juli 2014 yang lalu Universitas Trunojoyo Madura (UTM) telah divisitasi oleh asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Visitasi ini merupakan salah satu bagian proses akreditasi yang telah diajukan oleh UTM kepada BAN PT untuk menindaklajuti surat edaran Direktur Jenderal Pendiidikan Tinggi Nomor: 194/E.E3/AK/2014 tentang Izin Penyelenggraan dan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Empat asesor BAN PT yang berkunjung ke UTM tersebut adalah:

  1. Prof. Ir. Harsono Taroepratjeka, MSIE, Ph.D. (ITB/ITENAS)
  2. Prof. Dr. Sofyarma Marsidin, MPd (UNP)
  3. Prof. Drs. Waridin, MS, Ph.D. (UNDIP)
  4. Drs. Achmad Sobirin, MBA., PhD (UII).
ASESOR BAN-PT

PEMBUKAAN AIPT_UTM

SAMBUTAN ASESOR

Rangkaian acara visitasi AIPT di UTM diawali dengan jamuan buka puasa bersama oleh pimpinan UTM dan tim task force AIPT bersama empat asesor BAN PT bertempat di Hotel Garden Palace Surabaya .pada hari Rabu, 9 Juli 2014. Selanjutnya pada hari Kamis, 10 Juli 2014 bertempat di Gedung Auditorium Pascasarjana UTM dilaksanakan courtesy call pada Rektor UTM, yang dilanjutkan diskusi mengenai borang AIPT UTM dan kelengkapannya (dokumen penunjang) dengan pimpinan UTM, tim task force AIPT UTM, perwakilan dosen, perwakilan mahasiswa, alumni dan stakeholder eksternal di Gedung Graha Utama UTM. Dalam presentasinya, Rektor UTM Prof. Dr. Ir. Ariffin MS menyampaikan berbagai perkembangan dan prestasi yang telah diperoleh dalam jangka waktu liga tahun terakhir. Pada kesempatan diskusi tersebut, beberapa aspek menjadi perhatian oleh asesor BAN PT. Yang pertama adalah pentingnya sinkronisasi seluruh data dari seluruh unit kerja UTM menggunakan sistem yang terintegrasi. Data yang sinkron menjadi dasar setiap pengambilan keputusan yang dilakukan di setiap hirarki organisasi UTM. Yang kedua adalah pentingnya percepatan dalam peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen UTM untuk mendukung visi UTM sebagai pencetak kader bangsa yang cerdas, berdaya saing dan berakhlakul karimah. Yang ketiga adalah perlunya peningkatan produktivitas dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sementara itu, Prof. Ir. Harsono Taroepratjeka, MSIE, Ph.D. selaku ketua asesor, dalam diskusinya dengan tim task force AIPT merekomendasikan terhadap pegembangan Standar Mutu yang digunakan agar visi, misi dan tujuan UTM segera tercapai. Guru Besar Emititus ITB di bidang Total Quality Management (TQM) dan Quality Engineering yang juga salah satu perintis berdirinya jurusan Teknik Industri di Indonesia tersebut juga menekankan perlunya quality awareness sebagai landasan dalam membangun Sistem Penjaminan Mutu di UTM.

Agenda visitasi asesor BAN PT pada hari kedua diawali dengan penjauan sarana dan prasarana UTM, yang meliputi fasilitas laboratorium dan perpustakaan. Dalam kunjungan ke salah satu laboratorium, asesor BAN PT megingatkan bahwa laboratorium harus memperhatikan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), agar lulusan yang dihasilkan memiliki daya saing global. Sedangkan dalam kunjungan ke UPT perpustakaan UTM, asesor merekomendasikan peningkatan layanan kepada civitas academica dalam bentuk jam pelayanan dan koleksi jurnal internasional. Agenda visitasi AIPT UTM diakhiri dengan pembahasan dan penandatanganan Berita Acara Visitasi dan Laporan ke BAN-PT oleh asesor BAN PT dan pimpinan UTM.

Pada kesempatan lain, Dr. Masduki selaku Ketua tim task force AIPT UTM menjelaskan bahwa vistiasi AIPT ini merupakan bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) serta sebagai upaya untuk menjaga kredibilitas UTM kepada stakeholders. Selain itu, proses akreditasi juga untuk memenuhi beberapa undang-undang dan peraturan yang berlaku, antara lain: UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, UU No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Nomor 17 dan 66 tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Permendiknas no. 63 tahun 2009 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

VISITASI LAB_SISMAN

VISITASI LAB_PERTANIAN

VISITASI PERPUSTAKAAN

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Contact Support

  

Alamat : Kampus Unijoyo, Telang,
PO. BOX 2 Kamal - Bangkalan
Email : humas@trunojoyo.ac.id